HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN PASAR REBO

siti nurhayati

Abstract

Dalam dunia pendidikan, adversity quotient (AQ) dianggap turut mendukung keberhasilan peserta didik dalam meningkatkan motivasi berprestasi. Penelitian tentang AQ di level Pendidikan tingkat menengah sudah mulai marak dilakukan. Namun di institusi Pendidikan keperawatan, penelitian AQ masih terbatas. Banyak mahasiswa menemui berbagai kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat AQ pada mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Pasar Rebo, 2) mengetahui tingkat prestasi belajar mahasiswa Akper Pasar Rebo, 3) mengetahui hubungan antara AQ  dengan tingkat berprestasi mahasiswa Akper Pasar Rebo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis Pearson product moment correlation. Jumlah populasi terbatas pada mahasiswa tingkat 3 semester akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  tingkat adversity quotient mahasiswa Akper Pasar Rebo merupakan tipe pekemah (camper) 97,9 %, 2) tingkat prestasi belajar mahasiswa Akper Pasar Rebo sangat memuaskan 93.8%, 3)  tidak terdapat hubungan yang signifikan antara adversity quotient dan prestasi belajar mahasiswa keperawatan di Akper Pasar Rebo. institusi pendidikan hendaknya mempertimbangkan pendekatan atau model pembelajaran yang mampu melatih dan mengembangkan adversity quotient 

 

Keywords

adversity quotient, prestasi belajar, mahasiswa keperawatan

Full Text:

PDF
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.