Burnout Mempengaruhi Kinerja Perawat Di RS Panti Waluya Malang

Yanti Rosdiana, Neni Maemunah, Arie Jefri Ka’arayeno

Abstract

Tenaga kesehatan perawat adalah tenaga kesehatan yang memiliki jumlah paling banyak di rumah sakit . Perawat memiliki tugas utama dalam membantu kesembuhan dan memulihkan kesehatan pasien dari kematian baik dari segi biologi, psikologis, social dan spiritual. Perawat sangat rentan mengalami stress kerja, hal ini dikarenakan adanya beban kerja yang berlebih yang sering dikenal dengan nama burnoet. Tujuan dalam0penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan bormoet dengan kinerja perawat di RS Panti Waluya Sawahan Malang. Observasi analitik adalah desain pada penelitian ini dengan pendekatan cross-sectional.cSampelodiambil dengan teknikopurposive sampling sejumlah 1140responden.0Data dikumpulkan menggunakan kuesioner MBI (Maslach Burnout Inventory) untuk variable burnout dan kuesionare kinerja dari Nursalam untuk variable kinerja perawat,. Data dari hasil penelitianodianalisis secara univariat yang disajikan secara distribusi frekuensi dan secara bivariat mengunakan uji chi square. Hasil menunjukan adanya hubungan burnout dengan kinerja perawat di RS Panti Waluyo Sawahan Kota Malang (p = 0,046 < (0,05). Dari hasil penelitian ini diharapkan perawat bekerja lebih baik dengan tanpa adanya tekanan yang dapat menimbulkan terjadinya bournot saat bekerja.

Keywords

Burnout; kinerja; perawat

Full Text:

PDF

References

Ahola, K., Honkonen, T., Virtanen, M., Arroma, A., & Lonnqvist, J. (2008). Burnout in relation to age in the adult working population. J. Occup Health, 50, 362–365.

Artiningsih, R. A., & Chisan, F. K. (2020). Burnout dan Komitmen terhadap Tugas: Tantangan Tenaga Medis dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Lp3m, 1

Andriani,R; 2004. Pengaruh Persepsi Mengenai Kondisi Lingkungan Kerja dan Dukungan Sosial terhadap Tingkat Burnout pada Perawat IRD RSUD dr.Soetomo Surabaya. Insan. Vol.6, No.1. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.

Almasitoh (2011). Stres Kerja Ditinjau Dari Konflik Peran Ganda Dan Dukungan Sosial Pada Perawat. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 8(1).

Etlidawati. (2012). Hubungan Strategi Supervisi Kepala Ruang dengan Motivasi Perawat dalam Pelaksanaan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan di RSUD Pariman. dalam http://repo.unand.ac.id/186/2/TESIS%2520NI%2520DA.pdf

Hadjam, N. R. (2001). Efektifitas Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Rumah Sakit. Jurnal Psikologi 2001, NO. 2, 105 – 115 ISSN : 0215 – 888.

Kementrian Kesehatan. (2017). Pusat data dan informasi: Situasi tenaga keperawatan Indonesia. http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin%20 perawat%202017.

Maslach, C. (2003). Burnout: The cost of caring. USA: Malor Books, Cambridge, MA.

Notoatmodjo. (2007). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta. Hal 2,136-137

Notoatmodjo, Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Pangastiti, N. K., & RAHARDJO, M. (2011). Analisis Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Burnout Pada Perawat Kesehatan Di Rumah Sakit Jiwa (studi pada RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Potter & Perry. (2005). Buku ajar fundamental keperawatan volume 1, Edisi 4. Jakarta: EGC

Prestiana, N, D, I., & Purbandini, D. (2012). Hubungan antara efikasi diri (self efficacy) dan stres kerja dengan kejenuhan kerja (burnout) pada perawat igd dan icu rsud kota bekasi. Jurnal Soul, 5(2), 1-14.

Suharti, N., & Daulima, N. (2013). Burnout dengan Kinerja Perawat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre Jakarta. Universitas Indonesia.

Wirati, N. P. R., Wati, N. M. N., & Saraswati, N. L. G. I. (2020). Hubungan Burnout Dengan Motivasi Kerja Perawat Pelaksana. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, 3(1), 8-14.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.