Gambaran Kejenuhan Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Akademi Keperawatan Pasar Rebo Jakarta

Lucia Firsty Puspita Krishna

Abstract

Kejenuhan dalam belajar sering dirasakan oleh mahasiswa sebagai masalah dalam belajar, apabila tidak diatasi dapat berdampak kepada proses pendidikannya. Pandemi Covid-19 saat ini menjadi faktor pemicu masalah kesehatan yang melanda berbagai wilayah di dunia termasuk di Indonesia. Akibatnya proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara langsung dalam ruangan, saat ini dijalankan secara daring (dalam jaringan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan analisis secara mendalam pada mahasiswa Akademi Keperawatan Pasar Rebo. Sampel adalah seluruh mahasiswa tingkat 1 semester 1 Akademi Keperawatan Pasar Rebo yang sedang melakukan perkuliahan daring selama pandemi COVID-19., berjumlah 52 orang. Instrumen menggunakan lembar wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kejenuhan belajar pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh : (1) kesulitan mahasiswa dalam memahami materi, (2) konsentrasi belajar mahasiswa berkurang karena terlalu lama menatap layar perangkat,  (3) tidak ada teman belajar saat proses pembelajaran daring, (4) keterbatasan kuota dan jaringan internet dan (5) lingkungan sekitar yang kurang mendukung. Kejenuhan belajar pada mahasiswa Akademi Keperawatan Pasar Rebo dapat terjadi dikarenakan berbagai faktor. 

Keywords

kejenuhan belajar; pandemi Covid-19; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57(P. P. R. I).(2021). Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, (102501), 1–49. Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 96–102. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/7153

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hakim, T. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Herdiana, D., & Rudiana, R. (2021). Kejenuhan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan Daring dan Strategi Penanggulangannya, 2(1), 293–307.

Kadir, S., Astaman, & Masdul, M. R. (2018). Upaya mengatasi kejenuhan belajar. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 982–993.

Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135

Ningsih, L. (2020). Kejenuhan Bejar Masa Pendemi Covid -19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu (Doctoral Dissertation). Surakarta.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7

Prihandini, P., & Anisa, R. (2021). Studi Etnografi Virtual tentang Budaya Mahasiswa dalam Perkuliahan Online di Aplikasi Zoom, 20(2), 81–92.

Ratnawati, E., & Putra Utama, A. (2021). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1), 96–113. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.8085

Risnajayanti, S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemik. Pendidikan Guru PAUD. Retrieved from https://www.fkipumkendari.ac.id/assets/upload/plp_magang/51cecc4cfcd53281cec24b57d60beb83.pdf

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

Tim Penulis UNIKA Soegijapranata. (2020). Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: UNIKA Soegijapranata.

Vitasari, I. (2013). Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. Yogyakarta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.