Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Terhadap Pengetahuan Makanan Jajanan Pada Anak Usia Sekolah Di SDN Pisangcandi 1 Kota Malang

Neni Maemunah, Pertiwi Perwiraningtyas, Paula Tri Pusaka Ningrum

Abstract

Meskipun nilai gizi yang terkandung dalam makanan jajanan umumnya rendah dan kualitas keamanan pangannya sering menjadi perhatian, namun anak-anak pada usia sekolah sangat menyukainya. Penelitian ini berusaha untuk memastikan pengaruh pendidikan kesehatan berbasis video terhadap kesadaran siswa tentang makanan jajanan. Pretest - Posttest Control Group adalah desain penelitian Quasy eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah 65 responden selama bulan Desember di SDN Pisangcandi 1 Malang, sebanyak 56 responden dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Kuesioner tentang pengetahuan makanan jajanan digunakan sebagai metode pengumpulan data dengan memberikan video pendidikan kesehatan tentang makanan jajanan, dengan durasi waktu 5 menit, dan 3 kali pemberian dalam 2 minggu. Uji homogenitas marginal (nilai p 0,05) digunakan dalam analisis data. Pengaruh pendidikan kesehatan melalui video nimasi, hampir semua responden pada kelompok perlakuan memiliki hasil yang berada pada kategori sangat baik, sedangkan hampir semua responden pada kelompok kontrol memiliki hasil yang berada pada kategori kurang baik sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil uji homogenitas marginal menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan video terhadap pengetahuan makanan jajanan pada anak usia sekolah pada kelompok perlakuan dengan nilai (p=0,000). Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan metode lain, agar dapat lebih mempengaruhi anak dalam pengambilan keputusan untuk makanan jajanan.

Keywords

Anak Usia Sekolah; Pendidikan Kesehatan; Pengetahuan Makanan Jajanan

Full Text:

PDF

References

Angraini, W., Betrianita, B., Pratiwi, B. A., Yanuarti, R., & Fermana, P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 1-13.

Febriani, N., Handiyani, H., Program Magister Keperawatan, Spesialisasi Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, M., Keperawatan, F. dan Konteks, A. (2019). Pentingnya persiapan dalam pendidikan kesehatan bagi pasien rumah sakit Pentingnya persiapan dalam pendidikan kesehatan bagi pasien rumah sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11 (4), 181-186.

Goyena, R. (2019). Kecerdasan Emosional dan Kinerja Karyawan di RS Wava Husada. Jurnal Pemodelan dan Informasi Kimia, 53 (9), 1689–1699.

Hasanuddin, SH (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Melalui Video Pendukung Cerita Bergambar Tentang Keterampilan Menyikat Gigi Untuk Anak Prasekolah. Tesis, 21.

Kiki, F., Candrawati, E., & Putri, R. M. (2018). Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan pemilihan jajanan pada anak usia sekolah 7-9 tahun di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Propinsi Malang. Jurnal Berita Keperawatan, XI (1), 31-37.

Manek, Moriance. (2014). Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja tentang kebersihan vulva di pondok pesantren. Jurnal Pemodelan dan Informasi Kimia, 53 (9), 1689–1699.

Rahmi, S. (2018, April). Cara memilih makanan jajanan sehat dan efek negatif yang Ditimbulkan apabila mengkonsumsi makanan jajanan yang Tidak sehat bagi anak-anak Sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 1, No. 1, pp. 260-265).

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak di sekolah dasar (6-7 tahun). Didakta:

Jurnal Pendidikan, 8 (2), 89–100. https: //jurnaldidaktika.org/contents/article/view/71

Santoso, A., Devi, M., & Kurniawan, A. (2018). Meningkatkan pengetahuan siswa tentang jajanan sehat menggunakan minimaps. Preventia: Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3 (2), 153. https: //doi.org/10.17977/um044v3i2p153-163

Zamiyati, M. (2018). Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan pola makan sehat pada anak usia 10-12 tahun di SD Negeri Pengkol Kulon Progo. Universit as 'Aisyiyah, 85. http: //digilib.unisayogya.ac.id/4381/1/NASKAH PUBLIKASI.pdf

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.