Hiperglikemia Berhubungan Dengan Tekanan Darah Penderita Diabetes Melitus Tipe II Dengan Hipertensi Di Puskesmas Dinoyo Malang

Yesi Prihatini Pekabani, Hilda Mazarina Devi, Errick Endra Cita

Abstract

Kondisi hiperglikemia yang berkepanjangan akan beresiko terhadap komplikasi peningkatan tekanan darah abnormal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar glukosa di dalam darah (sewaktu) yang tinggi terhadap tekanan daгah pada pasien Diabetes Melitus tipe II dengan hipertensi di Puskesmas Dinοyo, Kota Malang. Desain korelasi dengan pendekatan retrospektif digunakan terhadap populasi penelitian sebanyak 108 penderita diabetes dengan hipertensі. Sampel penelitian sebanyak 52 responden dipilih menggunakan Simple Random Sampling. Data kadar glukosa di dalam daгah (sewaktu) dan tekanan darah diperoleh dari rekam medis pasien pada bulan November 2022 - Januari 2023. Pengujian data menggunakan Chi Square analysis. Hasil penelitian membuktikan sebagian besar 31(59,6%) pasien memiliki kadar glukosa daгah (sewaktu) kategori sangat tinggi dan sebagian besar 37 (71,2%) responden mengalami tekanan darah kategori hipertensі tahap 1. Hasil uji hipotesa menunjukkan hubungan yang signifikan antara kadar glukosa di dalam darah (sewaktu) yang sangat tinggi terhadap tekanan daгah pada penderita Diabetes Melitus tipe II dengan hipertensі dengan p value = 0.000 < 0.050. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengukur faktor lain yang mempengaruhi peningkatan kadar glukosa di dalam darah (sewaktu) dan tekanan daгah seperti kebiasan konsumsi makanan manis dan asin (pola makan), genetik, dan gaya hidup.

Keywords

Diabetes Melitus Tipe II; Hipertensi; Kadar Glukosa (sewaktu); Tekanan daгah

Full Text:

PDF

References

ADA. 2018. American Diabetes Association. Diagnosis And Classification Of Diabetes Mellitus. Diabetes Care Vol.33: 562-569.

Arifin A.L., 2020. Panduan Terapi Diabetes Mellitus Tipe 2 Terkini. Bandung : Fakultas Kedokteran UNPAD/ RSUP dr. Hasan Sadikin

Arifin, Aya Yuriesta. dkk., 2018. Hubungan Kadar Glukosa Daгah Terhadap Peningkatan Kadar Lemak daгah Pada Populasi Studi Kohort Kecamatan Bogor Tengah 2018. Jurnal Biotek Medisian Indonesia Vol 8.2

Britov, A. N., & Bystrova, M. M. (2003). New guidelines of the Joint National Committee (USA) on prevention, diagnosis and management of hypertension. From JNC VI to JNC VII. Kardiologiia, 43(11), 93-97.

Corwin. 2014. Buku Saku Patofisiologi. Jakarta: Aditya Media

Darmojo, H. 2015. Geriatrik (Ilmu Kesehatan) Edisi 3. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Dinkes Kota Malang. 2022. Jumlah Penderita DM Di Kota Malang. Malang: Poltekkes Kemenkes Malang. http://perpustakaan.poltekkes-malang.ac.id/assets/file/kti/1401100061/9._BAB_I_.pdf.

Dinkes Kota Malang. 2022. Profil Kesehatan Kota Malang. Malang: Dinkes Kota Malang

DiPiro J.T., Wells B.G., Schwinghammer T.L. and DiPiro C. V., 2015,. Pharmacotherapy Handbook, Ninth Edit., McGraw-Hill Education.

Esfandiari, F, dkk., 2021. Hubungan Antara Tekanan daгah Sistolik Dengan Kadar Kolesterol Total Pada Pasien Diabetes Melitus tipe II Di Klinik Arafah Lampung Tengah. MANUJU: Malahayati Nursing Journal 3 (4).

FKUI. 2015. Hipertensi Essensial Dalam Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam (Edisi IV) (Jilid I). Jakarta: FKUI.

IDF. 2015. International Diabetes Federation Diabetes Atlas Seventh Edition 2015. Amerika : IDF

IDF. 2021. International Diabetes Federation. http://www.diabetesatlas.org/resources/2018-atlas.html. Diakses pada tanggal 05 November 2022.

Julianti, Ira Maulidah Dwi. 2021. Hubungan Antara Kadar glukosa di dalam daгah (sewaktu) dengan hipertensi Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II. Jurnal Penelitian Kedokteran 1 (1).

Kemenkes RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia 2017 Menuju Indonesia Sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Kemenkes RI. 2020. Profil Kesehatan Indonesia 2019 Menuju Indonesia Sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Kemenkes RI. 2022. Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat. Jakarta: Departemen Kesehatan. https://www.depkes.go.id/article/view/19051700002/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat.html.

Komariah & Rahayu S. 2020. Hubungan Usia, Jenis Kelamin Dan Indeks Massa Tubuh Dengan Kadar Glukosa di dalam daгah Puasa Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Klinik Pratama Rawat Jalan Proklamasi, Depok, Jawa Barat. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada 1 (1). STIKes Jayakarta PKP DKI Jakarta.

Nezhad et al. 2018. Prevalence of type 2 diabetes mellitus in iran and its relationship with gender, urbanization, education, marital status, and occupation. Singapore Med J.

Nuriska A.A & Saraswati M.R. 2021. Hubungan Kadar Kolesterol Total Dengan Hipertensi Sistolik Pada Pasien Diabetes Melitus tipe II Di Poliklinik Endokrin Rumah Sakit Umum Sanglah. Jurnal Keperawatan 4 (2).

Perkeni. 2014. Kosensus Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Mellitus Tipe 2 Di Indonesia. Jakarta: EGC

Pranowo S., Ariani I., & Setiyawati D, 2020. Assesment Neuropatic Sensoric (ANES) Model untuk Mencegah Ulkus Diabetik Penderita DM Type II di Desa Menganti Kecamatan Kesugihan Cilacap. Jurnal Pengabdian Masyarakat Al-Irsyad 2 (1). STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah.

Prasetyo A.W., & Hansen. 2021. Pengetahuan Tekanan Daгah dengan Kadar Glukosa Pada Penderita Diabetes Melitus tipe II. Borneo Student Research. Vol 2, No 3

Purwanti, Ni Wayan Nia Ariska. dkk. 2016. Analisis Hubungan Kadar Glukosa di dalam daгah Puasa Dengan Kadar Kolesterol High Density Lipoprotein (Hdl) Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Di RSUP Sanglah. Meditory | Vol. 4, No.2

Putra AAGM., dan Saraswati MR. 2020. Prevalensi Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Hipertensi Di Rsup Sanglah Denpasar. Jurnal Medika Udayana, Vol. 9 No.8

Raphaeli, Harris Kristanto. 2017. Hubungan Kadar Glukosa di dalam darah (sewaktu) dengan hipertensi Pada Pasien Diabetes Melitus tipe II Yang Baru Didiagnosis Di Poliklinik Penyakit Dalam Rsu Siti Hajar Medan Tahun 2015-2017. Skripsi : Universitas Sumatera Utara Medan

Riskesdas Jatim. 2022. Hasil Utama Riskesdas 2021 Provinsi Jawa Timur. Surabaya: Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Puslitbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan

Sangadji, Faisal et al., 2022. Hubungan Kadar Glukosa di dalam daгah hipertensi Pada Pasien Diabetes Melitus tipe II di RSUD Kota Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Madani Medika Vol 13 No 2.

Sari GP. dkk., 2017. Faktor Risiko yang Berpengaruh terhadap Terjadinya Hipertensi pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II di Wilayah Puskesmas Kabupaten Pati. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas 2 (2).

Sustrani, L. 2016. Hipertensi. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama

WHO. 2020. A Global Brief On Hypertension: Silent Killer, Global Public Health Crises. Geneva: World Health Organization.

Widharto. 2011. Bahaya Hipertensi. Jakarta: Sunda Kelapa Pustaka.

Winta, Ayla Efyu. dkk. 2018. Hubungan Kadar glukosa di dalam daгah (sewaktu) dengan hipertensi Pada Lansia Penderita Diabetes Tipe 2. Jurnal Ners dan Kebidanan, Volume 5, No. 2

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.