Pengetahuan Tentang Keputihan Berhubungan Dengan Pelaksanaan Kebersihan Genitalia Siswi di MAN 1 Kota Malang

Maria Azerina D Timo Sila, Susmini Susmini, Arie Jefry Ka'arayeno

Abstract

Kebersihan di area vulva sering tidak diperhatikan secara khusus oleh kaum hawa, padahal jika dibiarkan secara terus menerus berdampak pada kesehatan dan rentan terinfeksi virus berbahaya. Kurangnya pemahaman ditambah rendahnya pelaksanaan melakukan kebersihan daerah genital menjadi masalah dalam penelitian ini. Tujuan penelitian mengetahui hubungan pengetahuan keputihan dengan pelaksanaan melakukan kebersihan genitalia siswi di MAN 1 Kota Malang. Desain yang digunakan adalah cross sectional. Populasi yakni semua siswi yang belajar di MAN 1 Kota Malang yang berjumlah 400 siswi, dengan teknik accidental sampling diperoleh sampel 120 orang. Data diambil dengan lembar kuesioner, dan uji analisa data chi square. Dari hasil didapatkan lebih dari separuh  responden (74.2%) memiliki pengetahuan tentang keputihan kategori cukup, sebagian besar responden (85.0%) memiliki perilaku vulva hygiene kategori kurang; terdapat hubungan yang signifikan pengetahuan siswi tentang keputihan dengan pelaksanaan kebersihan genital siswi di MAN 1 Kota Malang (p value <0,050)  Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melihat hubungan faktor eksternal seperti kebersihan lingkungan dan dapat memberikan penyuluhan tentang cara melakukan  vulva hygiene bagi remaja di sekolah.

Keywords

Keputihan; Siswi; Pengetahuan; Pelaksanaan Kebersihan Genital

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aulia. (2012). Serangan Penyakit-Penyakit Khas Wanita Paling Sering Terjadi + Cara-Cara Pencegahannya. Jogja : Buku Biru.

Azzam, U. (2012). La Tahzan Untuk Wanita Haid. Jakarta: Qultum Media.

Cici K. Muji S. (2014). Aplikasi Teori Health Belief Model Dalam Pencegahan Keputihan Patologis. 2 (2). 117–127.

Depkes (2012). Kesehatan Reproduksi. Diakses tanggal 29 Januari 2023. http//depkes.co.id.

Hubaedah, A. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Vulva Hygiene Saat Menstruasi Dengan Kejadian Pruritus Vulvae Pada Remaja Putri Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Sepulu Bangkalan. EMBRIO, 11(1), 30-40.

Hurlock,E.B,(2006).PsikologiPerkembangan:SuatuPendekatanSepanjangrentangKehidupan (edisi kelima).Jakarta:Erlangga.

Hendra, AW. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengetahuan. J akarta: Pustaka Sinar. Harapan.

Handayani, S. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Personal Hygiene Dengan Perilaku Vulva Hygiene Saat Menstruasi Pada Remaja Putri Di Ponpes Al_Ghifari Gamping Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu, 10(1), 79-89.

Indah, F. T. N. (2012). Kejadian pruritus vulvae saat menstruasi pada remaja putri (Studi pada siswi SMAN 1 Ngimbang Kabupaten Lamongan). Repository Universitas Airlangga. Retrieved from repository. unair. ac.. id/23638.

Kusmiran, E. (2011) Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Manuaba, et al (2009). Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta : EGC.

Mu'minun, N., & Amin, K. (2021). Hubungan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi Dengan Gejala Pruritus Vulvae Pada Remaja Putri di Puskesmas Antang. Jurnal Kesehatan Panrita Husada, 6(1), 86-101.

Notoatmodjo S, (2017). "Pendidikan dan perilaku kesehatan". Jakarta: Rhineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam, 2017. "Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan". Salemba Medika. Jakarta.

Nurlaila dan Mardiana Z, (2015). Hubungan pengetahuan dan personal hygiene dengan kejadian keputihan. Jurnal Keperawatan. XI(1) diakses pada tanggal 23 oktober 2017).

Rahmah, N. F. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Personal Kebersihan Genital Terhadap Kejadian Keputihan Pada Santriwati Smas/Ma di Ppm Rahmatul Asri Enrekang Tahun 2017. Fakultas kedokteran universitas Hasanuddin: Makasar.

Rosdiana,S.S,(2014),PengaruhPenyuluhanKesehatanReproduksiRemajaTerhadap Pengetahuan Memelihara Organ Genetalia pada Siswi SMPMuhammadiyah Imogiri Bantul, Skripsi, Program Studi Bidan PendidikSekolahTinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah, Yogyakarta.

Sari, R. P. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Remaja Putri dengan Kejadian Keputihan di Kelas XII SMA Negeri 1 Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Tahun 2012. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Sandirana, dkk. (2014). Perilaku Personal Hygiene Genitalia Santriwati di Pesantren Ummul Mukminin Makassar Sulawesi Selatan.

Solihat, S., & Sri, I. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Personal Hygiene Pada Saat Menstruasi Dengan Perilaku Pencegahan Pruritus Vulvae Pada Remaja Putri. Healthy Journal| Jurnal Ilmiah Kesehatan Ilmu Keperawatan, 8(2), 1-10.

Solikhah, R; Marsito, dan Nurlaila. (2010). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keputihan dengan Perilaku Remaja Putri dalam Menjaga Kebersihan Diri di Desa Bandung Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Volume 6, Nomor 2.

Suriasumantri dalam Nurroh (2020). Konsep Pengetahuan. Jakarta : Salemba Medika.

Umami, H., Rahmawati, F., & Maulida, M. N. (2021). Pengaruh Media Video Edukasi Tentang Vulva Hygiene Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 4(1), 42-50.

Wolff,KjonhsonRA.Fitzpatrick’s, (2009).ColorAtlasandSynopsisofClinicalDermatologi.Edisi ke-6NewYork:McGrawHill.

Widayatun. (2013). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Infomedika.

Wijayanti,Daru.(2009). Faktor Penting Seputar Kesehatan Reproduksi Wanita. Jogjakarta:BookMarks.

Windayanti, (2011). Infeksi virus organ reproduksi Jakarta: Kompas Media Nusantara

Yasnani, Novianti. (2016). Hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan dengan personal hygiene menstruasi pada remaja putri di SMP Negeri Satap Bukit Asri Kabupaten Buton.

Zainal, Ali. (2013). Dasar-dasar Keperawatan. Jakarta: Widya Medika.

Zulfuziastuti,N, (2017),Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi Terhadap Sikap Personal Hygine Remaja saat Menstruasi di SMPN2 Gamping, Skripsi, Program Studi Bidan Pendidik Universitas Aisyiyah, Yogyakarta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.