Kesalahan Penggunaan Teknik Sampling Pada Penelitian Kuantitatif Di Bidang Ilmu Keperawatan

Rachmat Chusnul Choeron, Ika Nofiana

Abstract

Salah satu indikator kualitas penelitian kuantitatif ialah ketepatan dalam menggunakan teknik sampling, yaitu probability sampling. Namun, masih banyak ditemukan penelitian kuantitatif yang belum mengikuti kaidah randomisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan penggunaan teknik sampling pada penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada hasil-hasil penelitian kuantitatif yang telah dipublikasikan pada jurnal-jurnal keperawatan Sinta 2. Variabel pada penelitian ini adalah penggunaan teknik sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua hasil penelitian kuantitatif yang dipublikasikan pada jurnal keperawatan sinta 2 yang memenuhi kriteria. Sampel sebanyak  47 hasil penelitian diambil dengan teknik cluster sampling, yaitu memilih secara acak jurnal keperawatan sinta 2 dan mengambil semua artikel hasil penelitian yang ada pada jurnal terpilih hingga jumlah sampel terpenuhi. Data dikumpulkan menggunakan lembar check list. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji univariate. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa hampir seluruh hasil penelitian kuantitatif yang telah dipublikasikan pada jurnal terakreditasi kemenristekdikti memiliki kesalahan dalam penggunaan teknik sampling, yaitu sebanyak 38 jurnal (80,85%). Teknik sampling yang paling banyak digunakan adalah nonprobability sampling, yaitu purposive sampling (47,37%) dan consecutive sampling (42,11%). Pemahaman terhadap teknik sampling perlu ditingkatkan kembali melalui seminar atau pelatihan agar dapat menyempurnakan hasil penelitian kuantitatif yang dilakukan oleh para peneliti.

Keywords

ilmu keperawatan; penelitian kuantitatif ; teknik sampling

Full Text:

PDF

References

Adeoye, M. A. (2023). Review of Sampling Techniques for Education. ASEAN Journal for Science Education , Vol. 2(2), hal: 87-94. .

Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4(1), hal: 62-79.

Aulia, U., Basri, S., Hadju, V. A., & Boekoesoe, L. (2022). Pelatihan Metodologi Penelitian Eksperimen bagi Mahasiswa Tingkat Akhir. Genitri: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, Vol. 1(1), hal: 31-39.

Ayriza, Y., Fathiyah, K. N., Harahap, F., & Rahman, F. (2022, Maret 10). Review Jurnal Ilmiah. Retrieved from Repository Universitas Negeri Yogyakarta: https://staffnew.uny.ac.id/upload/131656353/pendidikan/A3.+Review+Jurnal+Ilmiah.pdf

Bhardwaj, P. (2019). Types of Sampling in Research. Journal of the Practice of Cardiovascular Sciences, Vol. 5(3), Hal:157-163.

Ebenezer, A. E., & Piate, R. C. (2023). Assessment of different methods of sampling technique: the strengths and weakness. Shared Seasoned International Journal of Topical Issues, Vol. 9 (1), hal: 1-20.

Elfil, M., & Negida, A. ( 2017). Sampling methods in Clinical Research; an Educational Review. Emergency, Vol. 5 (1): hal. 1-3.

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, Vol. 5(6), hal: 215‒217.

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, Vol.1 (2), hal: 85-114.

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika, Vol. 10(1), hal:12-29.

Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenristekdikti. (2018). Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 9 Tahun 2018 Tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

LIPI. (2021). Peraturan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Republik Indonesia No. 3 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Jurnal Ilmiah Elektronik. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Republik Indonesia.

Lukman, Istadi, & Wiryawan, K. G. (2020). Panduan Editorial Pengelolaan Jurnal Ilmiah. Jakarta: Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Mulisa, F. (2022). Sampling techniques involving human subjects: Applications, pitfalls, and suggestions for further studies . International Journal of Academic Research in Education, Vol. 8(1), hal. 75-84, DOI:10.17985/ijare.1225214.

Pace, D. S. (2021). Probability and nonprobability sampling - an entry point for undergraduate researchers. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, Vol.9, No.2, pp.1-15, 2021.

Pamungkas, W. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru , Vol. 4(3), pp 346-354.

Panacek, E. A., & Thompson, C. B. (2007). Sampling Methods: Selecting Your Subjects. Air Medical Journal , Vol. 26 (2), hal: 75-79.

Rahi, S. (2017). Research Design and Methods: A Systematic Review of Research Paradigms, Sampling Issues and Instruments Development. International Journal of Economics & Management Sciences, Vol. 6(2), hal:403-408. doi: 10.4172/2162-6359.1000403.

Rahman, M., Tabash, M. I., Salamzadeh, A., Abduli, S., & Rahaman, S. (2022). Sampling techniques (probability) for quantitative social science researchers: a conceptual guidelines with examples. SEEU Review, Vol. 17(1), hal: 42-52.

Ratna, & Hengki. (2020). Pelatihan metodologi penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, Vol. 6(2), hal: 276-285.

Ridwan, R. S., Al-Aqsha, I., & Rahmadini, G. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Penyampaian Konten Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, Vol. 18 (1), hal: 38-53.

Sarfo, J. O., Debrah, T. P., Gbordzoe, N. I., & Obeng, P. (2022). Types of Sampling Methods in Human Research: Why, When and How? European Researcher, Vol. 13(2), hal: 55-64. DOI: 10.13187/er.2022.2.55.

Sharma, G. (2017). Pros and cons of different sampling techniques. International Journal of Applied Research , Vol. 3(7): 749-752.

Stratton, S. J. (2023). Population Sampling: Probability and Non-Probability Techniques. Prehospital and Disaster Medicine, Vol. 38(2):147–148. doi:10.1017/S1049023X23000304.

Suwandi. (2017). Literasi abu-abu dalam perpustakaan. Jurnal Iqra', Vol. 11(1), hal: 135-148.

Taherdoost, H. (2016). Sampling Methods in Research Methodology: How to Choose a Sampling Technique for Research. International Journal of Academic Research in Management, Vol. 5, No. 2, Page: 18-27.

Tyas, A. A., & Ummanah. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan metodologi penelitian bagi mahasiswa tingkat akhir melalui daring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology, Vol. 1(1), hal: 1-8.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.