HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA PASIEN TENTANG TUBERCULOSIS DENGAN KEPATUHAN MENGGUNAKAN ALAT PELINDUNG DIRI DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PANTI WALUYA MALANG

Francisca Yenny P., Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Tuberkulosis terus menjadi masalah kesehatan di dunia, terutama di negara-negara berkembang, meskipun anti-TB obat telah ditemukan dan vaksinasi BCG telah dilakukan TB tidak bisa diberantas tetap habis karena penularan TB paru terjadi melalui udara yang menyebar melalui percikan partikel mikroskopis ketika seseorang batuk, bersin, berbicara bahasa, berteriak atau bernyanyi perlu keterlibatan keluarga sebagai orang terdekat pasien di pemakainAPD untuk menekan penyebaran penyakit TB paru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara tingkat pengetahuan tentang pasien keluarga tuberkulosis dengan kepatuhan menggunakan alat pelindung diri di ruang perawatan rumah sakit Panti Waluya Sawahan Rumah Sakit Malang. Desain penelitian ini menggunakan korelasi. Teknik pengambilan sampel adalah Accidental Sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Korelasi Pearson dengan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 19 orang (95%) dan responden yang patuh menggunakan alat pelindung diri sebanyak 12 orang (60%) sehingga ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan kepatuhan untuk menggunakan alat pelindung diri dengan 0,024 p < 0,05 dan r = 0.501. Dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan tentang TBC mempengaruhi keluarga kepatuhan menggunakan alat pelindung diri. Disarankan agar rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya dapat menerapkan pengendalian infeksi sehingga untuk melindungi kesehatan pekerja dan masyarakat dari penularan penyakit TB paru.

Kata kunci: Tingkat Pengetahuan Keluarga, Kepatuhan, Alat Pelindung Diri

Full Text:

PDF

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Penanggulangan Tuberkulosis. Jakarta: Departemen Kesehatan RI

Departemen Kesehatan RI. 2009. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. 2012. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Dinas Kesehatan. 2012. Profil Kesehatan Kota Malang. http://www.dianhusada.ac.id/jurnalimg/ju rper1-9-lin.pdf .diakses pada tanggal 1 oktober 2014 jam 20.00

Hidayat. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Joko, Wiyono. 2013. Keperawatan Tumbuh Kembang Keluarga. Malang: Poltekkes.

Notoatmodjo. 2003. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nuha, M. Myers. 2012. Psikologi Sosial edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan edisi ketiga. Jakarta: Salemba Medika

Meinarno dan Sarwono. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta

Wawan dan Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.