HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PEMBERIAN OBAT DENGAN PENERAPAN PRINSIP 7 (TUJUH) BENAR PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Veronica Erna Pudjowati, Dyah Widodo, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Pemberian obat yang aman dan akurat merupakan salah satu tugas terpenting perawat. Perawat harus memahami kerja obat dan efek samping obat yang ditimbulkan, memberikan obat dengan tepat, memantau respon klien dan membantu klien menggunakannya dengan benar. Pada pemberian obat yang tepat ada penerapan prinsip 7 (tujuh) benar yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan secara aman dan efektif oleh perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pengetahuan perawat tentang pemberian obat dengan penerapan prinsip 7 (tujuh) benar pada pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian studi korelasional. Populasinya adalah perawat instalasi ruang rawat inap Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Besar sampel sebanyak 92 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Area Proportional Random Sampling dan instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah Spearman Rank. Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup sebanyak 59 orang (64,2%), dan melakukan penerapan prinsip 7 (tujuh) benar dengan baik sebanyak 87 orang (94,6%). Dari hasil uji korelasi Spearman diperoleh nilai p 0,116 > 0.05, dan kekuatan korelasi 0,165. Sehingga disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan perawat tentang pemberian obat dengan penerapan prinsip 7 (tujuh) benar dengan di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang dengan kekuatan korelasinya sangat lemah. Direkomendasikan bagi perawat di layanan unit ruang rawat inap untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemberian obat sehingga dapat melakukan penerapan prinsip 7 (tujuh) benar dengan lebih baik.
Kata kunci : Pengetahuan Perawat, Pemberian Obat, Penerapan Prinsip 7 (tujuh) Benar.

Full Text:

PDF

References

Amy, M. K. 2011, Buku Ajar Farmakologi Keperawatan, Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

http://www.rsimmanuel.com/index.php?option=com, diakses tanggal 7 Oktober 2014

http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-2548-BABI.pdf, diakses tanggal 20 Nopember 2014

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Potter, P. A. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Smith, T.J. 2010. Buku Saku Prosedur Klinis Keperawatan, Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.