HUBUNGAN TINGKAT STRES KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Enny Nurcahyani, Dyah Widodo, Yanti Rosdiana

Abstract

Stres yang dialami perawat dalam melakukan tugasnya dapat mengurangi kinerja. Sebagian besar perawat, terutama di ruang perawatan inap selalu menghadapi berbagai keluhan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara stres dan kinerja perawat di ruang perawatan inap Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat di ruang perawatan inap Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Sampel adalah 109 orang dengan teknik sampling area proportional random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi pearson product moment. Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas responden memiliki tingkat stres ringan sebanyak 108 orang (99,1%), sedangkan kinerja sebagian besar responden memiliki kinerja yang baik sebanyak 87 orang (71,5%), dan ada korelasi antara tingkat stres kerja dan kinerja ( 0,000<0,05) dan r = -0,474 menyimpulkan bahwa ada tingkat moderat korelasi antara tingkat dari stres kerja dengan kinerja perawat di rawat inap Panti Waluya Sawahan Rumah Sakit Malang. Rekomedasi untuk perawat di unit pelayanan rawat inap untuk dapat meningkatkan kinerja.

Kata kunci: Kerja Tingkat Stres, Kinerja Perawat

Full Text:

PDF

References

Aditama, T. 2004. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta: UI Press.

Danang, P. 2009. Hubungan Stres Kerja Dengan Adaptasi Pada Perawat DiInstalasi Gawat Darurat Rsud Pandan Arang. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2014 dari http://etd.eprints.ums.ac.id

Golizeck, A. 2005. 60 Second Manajemen Stres. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Henida. 2008. Hubungan Stres Kerja Dengan kinerja perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya

Jacker, A. 2009. Jinakkan Stres. Bandung: Next Media.

Mangkunegara. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rasdakarya.

Nurul, T. 2013. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Prestasi Kerja dan Identifikasi Manajemen Stres Yang Digunakan Perawat. Journal.

Sondang.2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Jakarta: Bumi Aksara.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.