HUBUNGAN OBESITAS DENGAN HUBUNGAN SOSIAL REMAJA DI SMK MA’ARIF NU 04 PAKIS KABUPATEN MALANG

Imelda Imelda, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Hubungan sosial memiliki peran yang sangat penting bagi remaja. Remaja mulai memperluas pergaulan sosialnya dengan teman teman sebayanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan obesitas dengan hubungan sosial pada remaja di SMK Ma’arif NU 04 Pakis Kabupaten Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasional dengan metode pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 29 remaja dan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu Spearman Rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa obesitas pada remaja, sebagaian besar yaitu 25 (86,2%) remaja yang memiliki obesitas derajat 1 dan hubungan sosial remaja sebagaian besar yaitu 14 (48,3%) remaja memiliki hubungan sosial kurang, sedangkan hasil Spearman Rank didapatkan nilai p value = 0,003 < α (0,05) yang berarti ada "hubungan obesitas dengan hubungan sosial pada remaja di SMK Maarif NU 04 Pakis Kabupaten Malang". Dengan demikian yang perlu dilakukan oleh remaja untuk menurunkan obesitas yaitu perlu mengontrol pola makan dan melakukan aktivitas fisik olahraga sehingga mampu meningkatkan hubungan sosial yang baik pada remaja.

Kata kunci : Obesitas, hubungan sosial remaja

Full Text:

PDF

References

Amelia, R. 2014. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja. Skripsi tidak diterbitkan. Palangkaraya: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.

Freitag, H.L.M. 2010. Bebas Obesitas Tanpa Diet Menyiksa. Yogyakarta: Media Pressindo.

Herrystw. 2013. Hubungan Sosial. Diakses pada 26 Juli 2015 dari http://www.komfasian.a.com/herystw

Medika, S. 2012. Kesehatan remaja: problem dan solusinya. Cetakan ketiga. Jakarta.

Pawestri. 2013. Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Remaja Tentang Seks Pra Nikah. Semarang: Fikkes Universitas Muhammadiyah.

Prameswari & Pruch, S.I.. 2013. Hubungan Obesitas Dengan Citra Diri Dan Harga Diri Pada Remaja. Jurnal Keperawatan Komunitas.

Rupang, I. 2013. Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Obesitas Pada Siswa SMA Rex Mundi Manado. Skripsi tidak diterbitkan. Manado: Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.