HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG STIMULASI DENGAN SIKAP ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN STIMULASI KOGNITIF PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TKK SANG TIMUR MALANG

Erni Hariati, Ni Luh Putu Eka, Neni Maemunah

Abstract

Kognitif yaitu kemampuan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu kejadian atau peristiwa. Pada anak usia prasekolah, pencapaian kognitif salah satunya melalui peningkatan kemampuan intelektual. Keberhasilan anak melewati fase ini tergantung pada orang tua. Masalah akan timbul jika orang tua tidak mengerti dan tidak mempunyai sikap yang mendukung dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua tentang stimulasi dengan sikap orang tua dalam memberikan stimulasi kognitif pada anak usia prasekolah di TKK Sang Timur Malang. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional.Sampel diambil dari seluruh responden sebanyak 34 orang.Instrumen penelitian berupa kuesioner. Setelah ditabulasi, data dianalisis dengan uji sperman rank (p<0,05%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan orang tua yang baik sebanyak 2 orang (5,9%), cukup baik sebanyak 19 orang (55,9%), kurang baik sebanyak 11 orang (32,4%), dan tidak baik sebanyak 2 orang (5,9%). Hasil sikap orang tua menunjukkan 17 orang (50%) responden mempunyai sikap mendukung. Berdasarkan pengujian statistik, diperoleh hasil adanya hubungan pengetahuan orang tua tentang stimulasi dengan sikap orang tua dalam memberikan stimulasi kognitif pada anak usia prasekolah dengan nilai koefisiensi korelasi sebesar 0,585. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor seperti tingkat pendidikan, usia dan pengalaman pribadi.

Kata Kunci: pengetahuan, sikap, stimulasi perkembangan kognitif anak usia prasekolah

Full Text:

PDF

References

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia dan Pengukurannya.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Soetjuningsih. 2003. Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: EGC.

Susanto, A. 2011.Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyudin, U dan Agustin, M. 2012. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung:Refika Aditama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.