HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS DI YAYASAN INSAN MANDIRI JL. PISANG KIPAS NO. 34 A KELURAHAN JATIMULYO MALANG

Suharni Suharni, Ni Luh Putu Eka, Neni Maemunah

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan gambaran tentang sikap dan perilaku orang tua dengan anak dalam berinteraksi dan berkomunikasi selamakegiatan pengasuhan.Pola asuh orang tua sangat penting karena dapat mempengaruhi interaksi pada anak autis.Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial pada anak autis di Yayasan Insan Mandiri Jl. Pisang Kipas No. 34 A Kelurahan Jatimulyo Malang. Metode penelitian ini adalah cross sectional. Populasi sekaligus sampel sebanyak 15 orang anak dan orang tua. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yaitumenggunakan lembar observasi dan kuesioner.Metode analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi Spearman Rank.Hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan (100%) dari responden menerapkan pola asuh demokratis dan interaksi sosial responden cukup sebanyak 12 orang. Diperoleh hasil pehitungan pvalue = 0,00 < α (0,05), sehingga H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial pada anak autis di Yayasan Insan Mandiri Jl. Pisang Kipas No. 34 A Kelurahan Jatimulyo Malang. Disarankan agar pihak yayasan dan orang tua dapat memberikan pola asuh yang baik kepada anak-anak autis karena pola asuh yang baik dapat berpengaruh pada interaksi sosial anak.

Kata Kunci: anak autis, interaksi sosial, pola asuh orang tua

Full Text:

PDF

References

Gunarsa, S.D. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Cetakan ke-12. Jakarta. Gunung Mulia

Haryana, 2012.Pengembangan Interaksi Sosial dan Komunikasi Anak Autis. PPPPTK TK DAN PLB: Bandung.

Hasdianah. 2013. Autis Pada Anak: Pencegahan, Perawaran, Dan Perawaan. Nusa Medika.: Yokyakarta.

Hurlock, Elizabeth, B. 2006. Psikologi Perkembangan. Erlangga: Jakarta.

Monks, F. 2000. Psikologi Perkembangan Dalam Berbagai Bagiannya. Gajah Mada University Press.:Yogyakarta

Ratnadewi.Peran Orangtua Pada Terapi Biomedis Untuk Anak Autis. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.