HUBUNGAN ANTARA PEROKOK AKTIF DENGAN GANGGUAN KUALITAS TIDUR (INSOMNIA) PADA DEWASA (USIA 25 - 45 TAHUN) DI RW 04 DESA KALISONGO KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Diana Diana, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Hasil riset kesehatan dasar tahun 2010, di Indonesia lebih dari separuh (54,1%) penduduk laki-laki berumur 15 tahun ke atas merupakan perokok harian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara perokok aktif dengan gangguan kualitas tidur (insomnia) pada dewasa (usia 25 – 45 tahun) di RW 04 Desa Kalisongo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dewasa (usia 25 – 45 tahun) dan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu korelasi spearman rank dengan menggunakan SPSS.Hasil penelitian membuktikan bahwa perokok aktif pada orang dewasa (usia 25 – 45 tahun) sebanyak 20 atau sebesar 50% dinyatakan perokok aktif berat dan sebanyak 21 atau (52,5%) orang dewasa (usia 25 - 45 tahun) mengalami gangguan kualitas tidur (insomnia), sedangkan hasil kolerasi spearman rank didapatkan p value = 0,004 atau 0,004 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwaada hubungan antara perokok aktif dengan gangguan kualitas tidur (insomnia) pada dewasa (usia 25 - 45 tahun) di RW 04 Desa Kalisongo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Dengan demikian yang perlu dilakukan untuk mengalami gangguan kualitas tidur (insomnia) yaitu mengurangi aktivitas merokok yang berlebihan.

Kata kunci: perokok aktif, kualitas tidur, insomnia, dewasa

Full Text:

PDF

References

Putra, Bimma. A. 2013. SkripsiHubunganAntaraIntensitasPrilakuMerokokdengan Tingkat Insomnia.http://lib.unnes.ac.id.

Putra, S. P., Khairsyaf, Oea., Julizar. 2010. Hubungan Derajat Merokokdengan Derajat Eksaserbasi Asma pada Pasien Asma Perokok Aktif di Bangsal Paru RSUP DR.M. Djamil Padang Tahun 2007 – 2010. http://jurnal.fk.unand.ac.id.

Ramdhani, Meirina. 2013. Penerapan Teknik Kontrol Diri untukMengurangi Konsumsi Rokok pada Kategori Perokok Ringan.

Rompas, Galant., Engka, Nancy., & Pangenaman, Damayanti. 2013. Dampak Merokok Terhadap Pola tidur.

Rosita, Riska., Suswardany, D. L & Abidin Zaenal. 2012. PenentuKeberhasilan Berhenti Merokok padaMahasiswa.http://jurnal.unnes,ac.id/nju/index.php/kemas

Sitepoe. 2000. Kekhususan Rokok Indonesia, Jakarta : Gramedia.

Vaora, Mutia., Sabriana, Febriana., & Dewi, Y.I. 2011. Hubungan KebiasaanMerokok Remaja dengan Gangguan Pola Tidur.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.