HUBUNGAN TIMBANG TERIMA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RS PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Koesmiati Koesmiati, Ani Sutriningsih, Yanti Rosdiana

Abstract

Prosedur timbang terima dalam meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pasien sangatlah penting. Bila timbang terima tidakdilakukan dengan baik, maka akan muncul kerancuan dari tindakan keperawatan yang diberikan karena tidak adanya informasi yang bisa digunakan sebagai dasar pemberian tindakan keperawatan. Hal ini akan menurunkan kualitas pelayanan keperawatan dan menurunkan tingkat kepuasan pasien. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan timbang terima dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Penelitian ini menggunakan desain correlation dengan metode pendekatan cross sectional.Sampel dalam penelitian ini perawat dan pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang yang masing – masing sebanyak 54 orang. Pengambilan sampel dengan cara cluster sampling. Data mengenai timbang terima didapatkan melalui lembar observasi dan datamengenai kepuasan pasien dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Data dianalisis dengan menggunakan uji statistic Spearman Rank dengan derajat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian didapatkan sebagian responden melakukan prosedur timbang terima dengan kategori baik sebanyak 27 orang (50%), dan sebagian besar tingkat kepuasan pasien masuk dalam kategori sangat puas sebanyak 35 orang (64,8%). Hasil analisis bivariat menunjukan p value = 0,943 > 0,05 maka H1 ditolak, artinya tidak ada hubungan timbang terima dengan kepuasan pasien. Direkomendasikan kepada Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang dapat memberikan brain storming dan pelatihan secara berkala untuk perawat agar tidak mengalami penurunan kualitas pelayanan pada pasien sehingga dapat memberikan pelayanan secara maksimal dan tepat guna.

Kata kunci : timbang terima, kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References

Abdilah, Ramdam. 2009. Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Sidangkerto Kab Bandung Barat. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/43706/2/reference.pdf, Diakses 4 Maret 2015

Alimul, A. 2014. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Alvarado, K., Lee, R., Christoffersen, E., Fram, N., Boblin, S., Poole, N., et al, 2006, Transfer of Accountability, Transforming Shift Handover to Enhance Patient Safety. Health Care Quarterly, Special Issue (9), 75 – 79

Budiastuti. 2002. Kepuasan Pasienterhadap Pelayanan Rumah Sakit. http://www.kepuasan-pasienterhadap-pelayanan-rumahsakit.htm. Diakses 6 September 2014

Dahlan, M. 2013. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan: Deskriptif, Bivariat, dan Multivariat, Dilengkapi Aplikasi denganMenggunakan SPSS Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Friesen, A.M., White, V. S., & Byers, F.J. 2008. Handoffs: Implications For Nurses. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK2649/. Diakses 5 September 2014

Hendrik, Gary. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Elim Kab. Toraja Utara. repository.unhas.ac.id/handle/123456789/1623,Diakses 19 September 2014

Manopo, Q. 2013. Hubungan antara PenerapanTimbang Terima Pasien dengan Keselamatan Pasien oleh Perawat Pelaksana di RSU GMIM Kalooran Amurang. httpfkm.unsrat.ac.id Diakses 6 September 2014

Nursalam. 2002. Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2008. Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (Edisi 2), Jakarta: Salemba Medika,

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional(Edisi 4). Jakarta: Salemba Medika.

Pohan, I. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Rushton, H. C,. 2010. Ethics of Nursing Shift Report. AACN, Advanced Critical Care: Ethics in Critical Care, 21(4): 380 – 384

Setiadi. 2007. Konsep Penulisan Riset Keperawatan, Graha Ilmu, Yogyakarta. Triwibowo, C, 2013, Manajemen Pelayanan Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.

Yulaistutik. 2009. Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving for Better Health terhadap Pengembangan Proaktivitas Perawat Pelaksana Dalam Melaksanakan Operan Pasien di RSUD Tugurejo Semarang. http://lib.ui.ac.id/file?3Ffile%3Ddigital/125093-TESIS0570%250N09pPengaruh%2520PenerapanLampiran.pdf. Diakses tanggal 4 Maret 2015

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.