HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK MUSLIMAT AR-ROHMAH GADING KEMBAR KECAMATAN JABUNG KABUPATEN MALANG

Levia Wina, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan perkembangan sosial anak. Pada masa prasekolah mempunyai periode emas dimana anak sedang menjalani proses pertumbuhan dan perkembangan khususnya pada perkembangan sosial.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah(4-6 Tahun) di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.Penelitian ini mengunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 40 orang anak usia Prasekolah dengan sampel penelitian yaitu 40 orang. Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kolerasi spearman.Hasil penelitian pola asuh orang tua dalam kategori demokratis yaitu 33 (82,5%) orang, sedangkan perkembangan sosial dalam kategori baik sebanyak35 (87,5%) orang anak. Hasil anlaisis uji kolerasispearman rankp value = 0,006 <0,050 maka H¬0 ditolak, H1 terima artinya ada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan sosial anak usia Prasekolah di TK Muslimat Ar-Rohmah Gading Kembar Kecamatan Jabung.Untuk penelitian selanjutnya peneliti merekomendasikan untuk meneliti factor-faktor lain terhadap perkembangan sosial usia prasekolah.

Kata kunci: pola asuh, prasekolah, perkembangan sosial

Full Text:

PDF

References

Djamarah, S. B. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ela. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Toilet Lerning. Skripsi: Fakultas Ilmu Kesehatan UNITRI Malang.

Fatimah, L. 2013. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak.Journal.FIK. UNIPDU Jombang

Gunarsa, S.D. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.Cetakan ke-12. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E. 2002.Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Indah, T. 2012.Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan kemandirian. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan UNITRI Malang

Mayar, F. 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa.Journal.FIP.UN. Padang.

Notoatmodjo. 2010. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT. Rinekacipta.

Septiari, B. B. 2012. Mencetak Balita Cerdas Dan Pola Asuh Orang Tua. Yokyakarta:PT. Nuha Medika,

Soetjiningsih, Hc. 2012.Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Sunaryo. 2004. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks, Jakarta.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Supartini, 2004.Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Yusuf, S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.