PENGARUH KOMPRES HANGAT TERHADAP PENURUNAN DISMENOREA PADA MAHASISWI D3 KEBIDANAN ANGKATAN 2014 DI WHN MALANG

Afrelia Inut, Ni Luh Putu Eka, Lasri Lasri

Abstract

Sebanyak 64.25% wanita di Indonesia mengalami dismenorea yang terdiri dari 54,89% dismenorea primer dan 9,36% dismenorea sekunder. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompres hangat terhadap penurunan dismenorea (nyeri haid) pada mahasiswi D3 kebidanan angkatan 2014 di WHN Malang. Desain penelitian mengunakan desain pre experimental design dengan rancangan one group Pre-Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 mahasiswi dan sampel penelitian menggunakan accidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara dan mengukur skala nyei. Metode analisa data yang di gunakan yaitu wilcoxon signed rank test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebelum diberikan kompres hangat, sebagian besar 15 (75,0%) Mahasiswi merasakan nyeri yang tidak tertahankan, sebagian besar 16 (80,0%) merasakan tidak nyeri, sedangkan hasil wilcoxon signed rank test didapatkan nilai p value = 0,001 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan. Artinya ada “pengaruh kompres hangat terhadap penurunan dismenorea (nyerihaid) pada mahasiswi D3 kebidananangkatan 2014 di WHN Malang. Dengan demikian yang perlu dilakukan oleh mahasiswi untuk menurunkan dismenorea (nyeri haid) perlu melakukan teknik kompres hangat pada bagian yang mengalami nyeri.

Kata kunci : Kompres Hangat, Penurunan Dismenorea dan Mahasiswi D3 Kebidanan Angkatan 2014 di WHN Malang.

Full Text:

PDF

References

Anugraheni, M & Wahyuningsih, A. 2013. Efektifitas Kompres Hangat Dalam Menurunkan Intensitas Nyeri Dysmenorrhoea. Jurnal STIKES. Volume 6, No. 1.

Andarmoyo, S. 2013. Konsep & proses keperawatan nyeri. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Anurogo, D & Wulandari, A. 2011. Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta : ANDI.

Hartaningsih, F & Turlina, L. 2009. Perbedaan Tingkatan Nyeri Dismenore Dengan Perlakuan Kompres Hangat. SURYA. Vol. 1, No.2.

Manuaba. 2009. Buku ajar ginekologi untuk mahasiswa kebidanan. Jakarta: EGC.

Nafiroh D, Indrawati, D. Nuke. 2013. Gambaran Pengetahuan Remaja Tentang Dismenore. Jurnal Ilmiah Kebidanan. Vol. 4 No. 1 Edisi Desember 2013, hlm. 157-166

Novia I, & Puspitasari N. 2008. Faktor Risiko Kejadian Dismenorea. The Indonesian Journal of Public Health. Vol. 4, No. 2: 96-104.

Perry, Potter. 2006. Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.

Yudianasari I & Nadhiroh M. A. 2010. Gambaran kejadian dysmenorrhoe berdasarkan pengetahuan dan perilaku remaja dalam penanganan dysmenorrhoe. Jurnal Insan Kesehatan. Vol. 2 No. 2.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.