HUBUNGAN KINERJA KADER DENGAN KEPUASAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA PERMADI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Syamsul H. Rizal Latuapo, Ani Sutriningsih, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Kinerja kader merupakan hasil kerja yang dilakukan kader dalam melakukan tugas serta tanggungjawab yang diberikan. Kinerja yang dilakukan dengan baik merupakan suatu proses yang akan menghasilkan input berupa kepuasan lansia sebagai pengguna posyandu lansia. Kepuasan merupakan harapan yang dirasakan lansia saat menerima pelayanan atau kegiatan yang diberikan kader dalam pelaksanaan posyandu lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kinerja Kader dengan Kepuasan Lansia di Posyandu Lansia Permadi Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 50 lansia anggota aktif. Teknik sampling yang digunakan menggunakan teknik Sampel Jenuh. Desain penelitian yang digunakan adalah Observasi Analitik. Pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan kinerja kader lebih dari separuh (68%) masuk kategori bagus. Sedangkan kepuasan lansia hampir separuh (44% masuk kategori puas. Hasil uji statistic menggunakan uji Spearman Rank menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kinerja dengan kepuasan lansia dengan p value sebesar 0,000 atau α< 0,05. Peneliti menyarankan agar kader mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya dengan mengikuti pelatihan kader yang dilakukan petugas puskesmas serta mengoptimalkan peran perawat sebagai pendidik untuk member informasi serta pelatihan kader dalam melaksanakan kegiatan posyandu lansia.

Kata Kunci : Kader, kinerja, kepuasan, lansia, posyandu

Full Text:

PDF

References

Erfandi. 2008. Pengelolaan Posyandu Lansia. Diambil tanggal 2 januari 2011 dari http://www.puskesmasoke.blogspot.com

Gibson. 2003. Struktur Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Erlangga.

Hemas. 2005. Strategi Penanggulangan Gizi Buruk di Indonesia, Kuliah Perdana Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Heru, AS. 2005. Kader Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.

Mangkunegara, A.P. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.