HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERHADAP KEPUASAN PASIEN SECTIO CAESARIA (SC) DI RUANG BERSALIN RUMAH SAKIT PANTI WALUYA MALANG

Yuliani Yuliani, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Sectio Caessaria adalah tindakan mengeluarkan janin melalui sayatan perut, yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan komunikasi terapeutik untuk mengurangi kecemasan dalamoperasi. Komunikasi terapeutik adalah salah satu intervensi perawat dalam berkomunikasi dimana seorang perawat harus memberikan manfaat terapeutik bagi pasien proses serta merupakan penyembuhan untuk mencapai kepuasan pasien. Kepuasan pasien terjadi ketika kebutuhan, keinginan,harapan dapat dipenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pelaksanaan komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien di ruang bersalin. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit. Metode penelitian ini adalah korelasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang menjalani SC di Rumah Sakit Panti Waluya Malang sesuai dengan kriteria inklusi dan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 22 responden. Data dikumpulkan dengan mengamati pelaksanaan komunikasi terapeutik dan dengan menggunakan kuesioner kepuasan pasien yang menjalani SC. Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Pearson product analisys saat untuk menentukan hubungan dari pelaksanaan komunikasi terapeutik pada kepuasan pasien SC, dengan hasil (p) = 0,086, dengan Sig 0,086> 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa Ho diterima, yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara pelaksanaan komunikasi terapeutik pada kepuasan pasien SC. Kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang bisa terpengaruh karena perawat atau bidan yang merawat selalu memperhatikan dan jika diperlukan selalu cepat untuk datang dan membantu pasien, juga dapat dipengaruhi oleh fasilitas, dan pelayanan yang diberikan maka selain perawat juga dipengaruhi oleh profesional kesehatan lainnya yang terlibat dalam perawatan.

Kata kunci: Kepuasan pasien SC, komunikasi, terapi.

Full Text:

PDF

References

Asmuji. 2012. Manajemen Keperawatan:Konsep dan Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Arif, Muttaqin & Sari, Kumala. 2010. Asuhan Keperawatan Perioperatif: Konsep, Proses, dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Barbara, C. Long. 1989. Essential Of Medical-Surgical Nursing A Nursing Process Appoach, Diterjemahkan Karnaen, dkk, 1996. Bandung: Yayasan Ikatan Alumni Pendidikan Keperawatan Pajajaran.

Gugus Kendali Mutu Rumah Sakit Panti Waluya Malang. 2014.

Masruroh, Hasyim, & Joko Prasety. 2012. Etika Keperawatan Edisi I. Yogyakarta: Bangkit.

Mochtar, Rustam. 1998. Sinopsis Obtetri: Obtetri Operatif, Obtetri Sosial Edisi 2. Jakarta: EGC.

Mukhripah, Damaiyanti. 2010. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan Edisi 2. Bandung: Refika Aditama.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nusalam. 2012. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional Edisi 3. Jakarta: Salemba Medika.

Nusalam. 2014. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

Pohan, Imbalo S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan, Jakarta: EGC.

Romandhoni. 2012. Persepsi Ibu Hamil Resiko Tinggi tentang Persalinan Sectio Caesarea. Universitas Muhamadiyah Ponorogo.

Setiadi. 2013. Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sharif, La-Ode. 2012. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Soekidjo, Notoatmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wawan, A dkk. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap, Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wike, Diah. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang.,http://eprints.undip.ac.id/23824/1/WIKE_DIAH_ANJARYANI.pdf. diakses tgl 26-9-2014

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.