PENGARUH TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA RW IV DUSUN DEMPOK DESA GADING KEMBAR KECAMATAN JABUNG KABUPATEN MALANG

Nasuha Nasuha, Dyah Widodo, Esti Widiani

Abstract

Berdasarkan data Depertemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2007 sebesar 35% lansia mengalami gangguan kecemasan sehingga berdampak pada gangguan susah tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap tingkat kecemasan pada lansia. Desain penelitian mengunakan desain pre experimental design dengan rancangan one group Pre-Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 13 lansia dan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Metode analisa data yang digunakan yaitu wilcoxon signed rank test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebelum melakukan teknik relaksasi nafas dalam, sebagian besar 10 (77%) lansia mengalami kecemasan sedang dan setelah melakukan teknik relaksasi nafas dalam, sebagian besar 10 (77%) lansia mengalami kecemasan ringan, sedangkan hasil wilcoxon signed rank test didapatkan nilai p value 0,001< 0,05 yang berarti ada pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap kecemasan pada lansia. Lansia perlu melakukan teknik relaksasi nafas dalam secara teratur minimal 3 kali sehari untuk mengurangi tingkat kecemasan.

Kata Kunci: Teknik Relaksasi Nafas Dalam, Tingkat Kecemasan Lansia

Full Text:

PDF

References

Ary, T.E. 2012. Korelasi Tekanan Darah Terhadap Kecemasan Pada Pasien Hipertensi. Karya Tulis Ilmiah tidak dipublikasikan. Medan: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Medan.

Azizah, L. M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Direja, A. H. S. 2011. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.

Ghofur, A. 2007. Pengaruh Teknik Nafas Dalam Terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Persalinan Kala I Di Pondok Bersalin Ngudi Saras Trikilan Kali Jambe Sragen. Jurnal Kesehatan Surya Medika.

Hartini, N. 2012. Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Tunadaksa Di UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Tubuh Pasuruan. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.

Heningsih. 2014. Gambaran Tingkat Ansietas Pada Lansia Di Panti Wredha Darma Bakti Kasih Surakarta. Jurnal Kesehatan.

Herawati, N. 2013. Pengaruh Spiritual Emotional Freedom Technique (Seft) Terhadap Tingkat Kecemasan Lanjut Usia Di Rw 06 Kelurahan Tlogomas Malang. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Maknum, J. 2014. Masa Lansia (Pendidikan Teknologi Informasi. Di akses tanggal 18-04-2015 dari http://jauharimaknun90.blogspot.com/2014/05/contoh-makalah-masa-lanjut-usia.html.

Putri, M. D. D . 2012. Penggunaan Intervensi Kelompok Cognitive Behavioral Therapi (CBT) Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Lansia. Tesis tidak dipublikasikan. Depok: Fakultas Psikologi Program Psikologi Profesi Peminatan Klinis Dewasa Depok.

Rini, H. P. 2013. Self Efficacy Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal Online Psikologi. 01(01).

Setyoadi & Kushariyadi. 2011. Terapi Modalitas Keperawatan pada Klien Psiko Geriatrik. Jakarta: Selemba Medika.

Thamrin, R. 2014. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kecemasan Pada Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Wredha Ilomata Kota Gorontalo. Tesis tidak dipublikasikan. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Untari, I, & Rohmawati. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Usia Pertengahan Dalam Menghadapi Proses Menua (Aging Process). Jurnal Keperawatan.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.