HUBUNGAN PENGGUNAAN JEJARING SOSIAL FACEBOOK DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN ANGKATAN 2012

Manis Lestari, Joko Wiyono, Yanti Rosdiana

Abstract

Pada umumnya pelajar belum memahami manfaat dari situs jejaring sosial (facebook) sehingga situs jejaring sosial ini sering disalahgunakan. Penggunaan situs jejaring sosial yang berlebihan dapat menurunkan motivasi belajar siswa. Menurunnya motivasi belajar siswa mengakibatkan hasil belajar mereka menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan jejaring sosial facebook dengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Jurusan Ilmu Keperawatan Angkatan 2012. Penelitian ini menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi yaitu mahasiswa PSIK Unitri Malang berjumlah 139 orang dengan penetapan sampel 42 orang menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuisioner dan Kartu Hasil Studi mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden sering menggunakan facebook yaitu sebanyak 45 orang (59,5%) dan hasil prestasi belajar hampir seluruh responden termasuk kategori sangat memuaskan sebanyak 37 orang (88,1%). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil bahwa ada hubungan antara penggunaan jejaring social facebook dengan prestasi belajar mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Jurusan Ilmu Keperawatan angkatan 2012 (p-value= 0,02).

Kata Kunci: Facebook, mahasiswa keperawatan, prestasi belajar, UNITRI

Full Text:

PDF

References

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chairunnisa, 2010. Intensitas Mengakses Facebook. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah: Jakarta

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.