HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MINUMAN BERALKOHOL DENGAN SIKAP PENCEGAHAN ALKOHOLIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AGRIBISNIS UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI (UNITRI) MALANG

Fajar Anshari, Ni Luh Putu Eka, Lasri Lasri

Abstract

Alkohol adalah minum minuman keras. Minuman ini jika dikonsumsi anak usia dini akan berakibat pada ketagihan dan masalah fisiologi atau psikologi lainnya di kehidupan selanjutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang bahaya minuman beralkohol dengan sikap pencegahan alkoholik pada mahasiswa program studi Agribisnis. Uji statistik pada penelitian ini menggunakan teknik komputerisasi SPSS 17 for windows, dengan uji statistik yang digunakan adalah Sperman Rank. Analisa dengan menggunakan teknik ini dengan tingkat signifikasi (α) sebesar 0,05 dan tingkat kesalahan 95%. Hasil penelitian univariat tentang pengetahuan responden menunjukan sebagian besar (64,6%) responden, mempunyai pengetahuan yang baik tentang bahaya minuman beralkohol sebanyak 31 orang. Hasil penelitian univariat tentang sikap pencegahan Alkoholik, sebagian besar (58,3%) sikap responden dalam pencegahan alkoholik masuk kategori positif sebanyak 28 orang. Hasil analisa bivariat didapatkan pvalue= 0,00, atau pvalue< 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan tentang bahaya minuman beralkohol dengan sikap pencegahan alkoholik pada mahasiswa Program Studi Agribisnis semester 1 di UNITRI.

Kata Kunci: Alkohol, mahasiswa, minuman, Unitri, Malang

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit Buku PT Rineka Cipta.

Depkes. 2007. Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.

Nugroho, CA. 2008. Pengaruh Minuman Beralkohol Terhadap Jumlah Lapisan Sel Spermatogenik Dan Berat Vesikula Seminalis Mencit. Madiun: Universitas Widya Mandala.

Hawari, D. 2008. Terapi NARKOBA/NAPZA Tanpa Anastesi. Jakarta: Penerbit buku FKUI.

Hidayat, A A. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Penerbit Buku Salemba Medika.

Kumalasari, I. 2012. Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Penerbit Buku salemba medika.

Kurniawati. 2010. Gambaran Skrining Keterlibatan Penggunaan Alkohol, Rokok Dan Zat Adiktif Pada Mahasiswa D3 Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Hodson, R 2008. Penanganan Ketagihan Obat Dan Alkohol Dalam Masyarakat. Bandung: Penerbit buku ITB

Ngadji, Christianto. 2007. Pengaruh Pemberian Etanol Peroral Terhadap Gambaran Histologik Sel-Sel Spermatogenik dan Sel Leydig Pada Testis Tikus Putih. Surabaya: JIPTUNAIR.

Notoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Penerbit buku Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2011. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Penerbit buku Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Salemba Medika.

Pitasari, Lucy. 2013. Tahap Penyalahgunaan Alkohol Berdasar Tipe Kepribadian Pada Komunitas ScooterKediri Bangkit Di Kediri. STIKES RS. Baptis Kediri.

RIKESDA. 2007. Laporan Nasional 2007. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.

Snyder, G. 2007. Remaja Dan Alkohol. Yogyakarta: Penerbit buku pakar jaya.

Townsend, M. 2014 Phychiatric Mental Heart Nursing. Philadelphia USA

Utina, Salim. 2001. Alkohol dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Mental. Gorontalo: IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Wawan A dan Dewi M. 2011. Nursing : Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Penerbit buku nuha medika.

Zakhari, Samir. 2006. Overview: How is Alkohol Metabolized by the Body? National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism (NIAAA) 5635, Fisher Lane.MSC 9304 Bethesda.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.