HUBUNGAN PERILAKU CARING DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DEWASA RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Isnaini Fitnian, Atti Yudiernawati, Lasri Lasri

Abstract

Praktek caring sebagai pusat keperawatan menggambarkan caring sebagai dasar dalam sebuah kesatuan nilai-nilai kemanusiaan yang Universal (kebaikan, Kepedulian, dan cinta terhadap diri sendiri dan orang lain. Kepuasan pasien adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja suatu produk dan harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien. Desain penelitian yang di gunakan adalah deskriptif yang bersifat korelasional (studi korelasi) dengan pendekatan cross sectional, jumlah responden 83 orang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling jenis Simple Random Sampling. Hasil penelitian diperoleh mayoritas responden (72,3%) menilai perilaku caring sangat baik, tingkat kepuasan pasien mayoritas responden (50,6%) merasa sangat puas. Hasil uji korelasi spearman 0.357, dengan p-value sebesar 0.001 yang lebih kecil dari alpha 0.05. Sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien di rumah sakit panti waluya sawahan malang.

Kata Kunci: Perilaku caring, tingkat Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References

Afsyah, L. 2011. http://repository.unand.ac.id/1799 1/1/PENELITIAN.pdf. Diakses

Tanggal 11-10-2014 Jam 22.55

Budiman. 2011. Penelitian Kesehatan (Buku Pertama). Bandung: Refika Aditama.

Hidayat,A.A.A. 2007. Penganta Konsep Dasar Keperawatan (Edisi Kedua). Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat,A.A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data.

Jakarta: Salemba Medika.

Kozier, B., Erb,G. & Snyder,S.J. 2004. Buku Ajar Fundamental Keperawatan:

Konsep, Proses &Praktek, (ED.7, Vol 1). Terjemahan oleh Karyuni,P.E.,Lusyana,A. & Eka,W. 2010. Jakarta: EGC.

Morrison, P., Burnard,P. 2008. Caring & Comunicating: Hubungan Interpersonal dalam Keperawatan. Terjemahan Oleh Yulianti,D. (Edisi Kedua). Jakarta: EGC.

Notoadmodjo, S., 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2014. Manajemen keperawatan : professional. (Edisi Keempat). Jakarta: Salemba Medika.

Pohan,I.S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Setiadi. 2013. Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. (Edisi Kedua). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susilo,R. 2011. Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta: Nuha

Medika.

Wawan,A., M,D. 2010. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku

Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Widyawati,S.N. 2012. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.