HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INTERNET DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA PSIK UNITRI MALANG

Erni Diarti, Ani Sutriningsih, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 83,7 juta orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penggunaan internet dengan gangguan pola tidur pada mahasiswa PSIK UNITRI Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 33 mahasiswa dan sampel penelitian menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu kolerasi spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa lebih dari separuh (84,8%) responden mengalami kecanduan penggunaan internet dan lebih dari separuh (57,6%) responden mengalami gangguan pola tidur buruk pada mahasiswa PSIK UNITRI Malang, sedangkan hasil kolerasi spearman rank didapatkan p value = 0,006 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan internet dengan gangguan pola tidur pada mahasiswa PSIK UNITRI Malang. Dengan demikian yang perlu dilakukan untuk meningkatkan gangguan kualitas tidur yaitu mengurangi penggunaan internet yang berlebihan sampai larut malam.

Kata Kunci : Penggunaan Internet, Gangguan Pola Tidur dan Mahasiswa PSIK UNITRI Malang

Full Text:

PDF

References

Alimul, Adam 2012. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Astutik, 2014. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Remaja Pengguna Facebook. Jakarta: Universitas Indonesia.

Firman, 2012. Dampak Negatif Penggunaan Internet. http://ekifirman./2012/02v-behaviorurldefaultvmlo.html. Diakses tanggal 21 april 2015. Pukul 14.00 WIB.

Nigtyas. 2012. Hubungan Antara Self Control Dengan Internet Addiction Pada Mahasiswa. http://consultgerirn.org/uploads/File/trythis /try_this_6_1.pdf. Diakses 20 April 2015. Pukul 15.00 WIB.

Pantoro, 2012. Dampak Negatif dan Dampak Positif Internet. http://krispantoro.wordpress.com/2012/03/09/dampak-negatif-dan-dampak-positif-internet/ Diakses tanggal 9 april 2015. Pukul 14.30 WIB.

Rahayuning. Dyah D.W, 2009. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Surakarta: Universitas Muhammadiyah

Sapuat. 2012. Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Perubahan Tekanan Darah Pada Remaja Di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Stanley. 2012. Faktor Penyebab Susah Tidur. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.