HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL TAHAP INDUSTRY VS INFERIORITY ANAK USIA SEKOLAH (6 – 12 TAHUN) DI SDN TLOGOMAS 1 KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Yohanes Dudu, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Perkembangan seorang anak itu sendiri sangat di pengaruhi oleh pola asuh yang di berikan oleh orang tua. Pola asuh merupakan suatu model atau cara mendidik anak yang merupakan suatu kewajiban dari setiap orang tua dalam usaha membentuk pribadi anak yang sesuai dengan masyarakat pada umumnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengatahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial tahap industry vs inferiority anak usia sekolah (6 - 12 tahun) di SDN. Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian non experimental dengan deskriptif analitik.Jumlah populasi sebanyak 182 orang dengan Pendekatan cross sectional menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Jumlah sampel 35 orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dan 35 anak usia sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2015 s/d 07 Agustus 2015. Uji statistik menggunakan uji statistika Chi Kuadrat (x^2) pada taraf kesalahan 5 %. Hasil penelitian didapatkan pola asuh demokratis 18 pengasuh orang tua (51,50%) dan untuk perkembangan psikososial tahap Industry sebanyak 19 anak (54,28%). Berdasarkan dari 35 reponden yang diteliti dan hasil pengukuran menggunakan uji statistika Chi Kuadrat (x^2) pada taraf kesalahan 5 % (0,05), di peroleh nilai p 0,118 > 0,05 maka H0 gagal di tolak dan H1 yang artinya tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial tahap industry vs inferiority anak usia sekolah di SDN. Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode lain yang lebih akurat seperti metode kualitatif dan menggunakan analisis multivariat.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Psikososial Anak

Full Text:

PDF

References

Keliat, A. B, 2007. Manajeman Keperawatan Psikososial dan Kader kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Kemenkes, 2013. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Diperolah pada tanggal 12 November 2014 dari http//www.depkes.go.id/.../profil kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia.

Seetzer, N, Salzhauer, A. 2006. Understanding School Refusal. Diambil dari www.aboutkids.org. pada 10 November 2006.

Supriyanto, 2013. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Diperolah pada tanggal 24 Desember 2014 di http//www. depkes.go.id/. ../profil kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Sopiah, 2013. Hubungan Tipe Pola Asuh Pengganti Ibu : Keluarga terhadap Perkembangan Psikososial anak Prasekolah. Diperoleh pada tanggal 26 Aguatus 2014 dari http// repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream /123456789/.../1/Sopiah-fkik.pdf.

Soetjiningsih. 2007. Buku Ajar Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta : Sagung Seto

Suwono. 2008. Pola Asuh Anak Minat Datang ke Vihara (online) tersedia : http://kusbho.Muliply .com /journal /item/6.(18 mei 2009).

Santrock, JW. 2011. Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Wong, D. L. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Ed. 6. Jakarta : EGC.

Gunarsa, Singgih;Yulia Singgih Gunarsa. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Hurlock, E. B. 2005. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Keliat. 2006. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31480/4/Chapter%20II.pdf. Diakses pada tanggal 02/06/2015. Jam 22.15 wib.

Wong, Donna L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Wong. Edisi: 6. Jakarta: EGC.

Untario. 2004. Pengertian Anak Usia Sekolah. Dikutip dari: http://www.psychologymania.com. Dibuka tanggal 02 Mei 2013.

Rosdakarya. Hastuti D. 2006. Analisis Pengaruh Model Pendidikan Prasekolah pada Pembentukkan Anak Sehat, Cerdas, dan Berkarakter [disertasi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Keliat A.Budi, D.C. Helena N.,Farida P. 2011. Manajenen Keperawatan Psikososial dan Kader Kesehatan Jiwa.Jakarta : EGC.

Riadi, M. 2015. http://www.kajianpustaka.com/2013/04/pola-asuh-orang tua.html. diakses tanggal 04 Februari 2015.

Santrock W. John. 2007. Life-Span Development. 9 th. Ed. Americas: the McGraw-Hill Companies.

Hurlock, E.B. 2010. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Yusuf LN, 2004. Psikologi perkembangan anak dan remaja. Bandung :

Wong, L Donna. 2009. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik ed 6. Jakarta: EGC.

Djamarah Bahri Syaiful, 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga : Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak.Jakarta : Rineka Cipta.

Bintaranny K. 2012. Teori Tentang Psikososial http://informasitips.com/teori tentang-psikososial. Diakses pada tanggal 28 April 2015. 04.25 WIB.

Wong, L Donna. 2012. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik ed 6. Jakarta: EGC.

http://www.psikologizone.com/fase-fase-perkembangan-manusia/06511465. Diakses pada tanggal 09 Januari 2012.

Sarwono, S. W. 1997. Psikologi Sosial: Individu & Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT Balai Pustaka. http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2102731-teori-perkembangan-psikososial-eri Di akses pada tanggal 27/05/2015. Jam 13.35.WIB.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Nasir, ABD & Muhith, Abdul. 2011. Buku Ajar Metode Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mustafa, zainal. 2013. Mengurai variabel hingga instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anonim. 2007. Agresivitas Pada Remaja. Http://www.e psikologi.com/remaja.htm.

Alimul, Aziz H. 2011. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data.Jakarta: Salemba Medika.

Alimun Hidayat, A.A. 2008. Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Salemba Medika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.