PENGETAHUAN DAN PERILAKU VAGINAL HYGIENE BERKAITAN DENGAN KEJADIAN KEPUTIHAN PADA SISWI DI SMP ARJUNO KOTA BATU

Issanue Yunaefi, Ani Sutriningsih, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Salah satu masalah kesehatan reproduksi remaja khususnya wanita yang sering dikeluhkan adalah keputihan. Remaja putri di Indonesia dari 23 juta jiwa usia 14-24 tahun sebanyak 83% pernah berhubungan seksual, yang merupakan salah satu penyebab keputihan. Keputihan bukan suatu penyakit akan tetapi merupakan gejala dari manifestasi tubuh dalam melawan suatu penyakit. Keputihan apabila tidak dicegah atau dideteksi sejak dini akan mengakibatkan kemandulan dan menjadi tanda awal gejala kanker serviks. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku vaginal hygienedengan kejadian keputihan pada siswi di SMP “A” Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri di SMP A Kota Batu dengan sampel sebanyak 29 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan analisis data spearman rank (tingkat significant α = 0,05). Hasil penelitian sebanyak 13 responden (44.8%) mempunyai pengetahuan cukup, 14(48.2%) mempunyai perilaku cukup, 20(68.8%) responden mengalami keputihan dimana 10 responden mengalami keputihan fisiologis dan 10 responden mengalami keputihan patologis patologis. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang tinggi antara pengetahuan tentang vaginal hygienedengan kejadian keputihan dan ada hubungan yang tinggi antara perilaku tentang vaginal hygienedengan kejadian keputihan di SMP “A”.

Kata Kunci : Pengetahuan, Perilaku, Vaginal Hygiene, Keputihan.

Full Text:

PDF

References

Mengganggu’.Online. Available : http//astaqauliyah.com Diakses Juli 2015

Aninda, 2011, Seluk Beluk kesehatan Reproduksi Wanita.Jogjakarta:A.Plus Books

Anwar, M 2011,’Ilmu Kandungan.Edisi Ketiga’.Jakarta:PT Bina Pustaka

BKKBN, 2012,’Kesehatan Kunci Remaja Meraih Bahagia’. Availabel from:http://www.bkkbn.go.id/viewArtkel.as px?ArtikelID=38 diakses pada juni 2015.

Fauziah, Y 2012,’ Infertilitas Dan Gangguan Alat Reproduksi Wanita’.Yogyakarta: Nuha Medika

Hidayat, A 2007,’ Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan ilmiah’, Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, A 2013,’Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data’, Jakarta: Salemba Medika.

Sugiharto, 2010,‘Hygine Perseorangan Santri Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar Ponorogo’. Ponorogo: Media Litbang Kesehatan.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.