HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PEDOMAN UMUM GIZI SEIMBANG TERHADAP STATUS GIZI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Maria Regina Ina Sili, Atti Yudiernawati, Lasri Lasri

Abstract

Tingkat pengetahuan ibu tentang pedoman umum gizi seimbang dapat mempengaruhi pola makan anak yang pada akhirnya akan mempengaruhi status gizi. Pemenuhan status gizi yang baik pada anak tergantung pada ibu dalam menentukan status gizi anaknya apakah baik atau buruk. Anak mampu memenuhi kebutuhan status gizi dengan mengkonsumsi beraneka ragam jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pedoman umum gizi seimbang terhadap status gizi anak.Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional. Analisa data yang digunakan adalah uji korelasi spearman rank. Populasi adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Tlogomas Malang. Populasi 41 orang dengan menggunakan teknik total sampling.Hasil penelitian didapatkan bahwa sebanyak (65,9%) ibu mempunyai pengetahuan yang baik, sebanyak (83%) status gizi anak normal. Dari hasil perhitungan didapat nilai p value (0,000) <α (0,05) maka Ho ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang pedoman umum gizi seimbang terhadap status gizi anak di TK Dharma Wanita (p value (0,000) <α (0,05) r 0,680).Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti selanjutnya agar memahami pengetahuan tentang pedoman umum gizi seimbang sehingga dapat meningkatkan status gizi pada anak.

Kata Kunci : Pengetahuan, status gizi, anak pra sekolah

Full Text:

PDF

References

Munawaroh, L. 2006. Hubungan antara tingkat Pengetahuan Gizi Ibu, Pola makan Balita dengan Status Gizi Balita di wilayah kerja Puskesmas Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tahun 2006’.UNNES diakses tanggal 19 april 2014.

Almatsier, S. 2002. Prisip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utara.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardjo. 2003. Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhardjo. 2002. Perencanaan Pangan dan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.