PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN LANSIA DI PANTI WERDHA GRIYA ASIH LAWANG DAN DI KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Ade Firman, Tanto Hariyanto, Esti Widiani

Abstract

Kecemasan pada lansia memiliki gejala-gejala yang sama dengan gejalagejalayang dialami oleh setiap orang, hanya saja objek yang menyebabkankecemasan itu yang berbeda dan lansia sering mengalami kecemasan dengan masalah-masalah yang ringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara tingkat kecemasan lansia di Panti Werdha Griya Asih Lawang dan di Kelurahan Tlogomas Malang. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian correlation dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia di Panti Werdha Griya Asih Lawang yang berjumlah 26 orang, dan lansia di Kelurahan Tlogomas Malang yang berjumlah 26 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik uji t (t-test). Hasil penelitian sebagian besar tingkat kecemasan lansia di Panti Werdha Griya Asih Lawang masuk kategori tidak cemas sebanyak 16 orang (62%), dan sebagian besar tingkat kecemasan lansia di Kelurahan Tlogomas Malang masuk kategori tidak cemas sebanyak 17 orang (65%). Hasil analisis Uji T-Test di peroleh nilai Sig (2- tailed) 0,146 > 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan antara tingkat kecemasan lansia di Panti Werdha Griya Asih Lawang dan di Kelurahan Tlogomas Malang. Saran yang dapat direkomendasikan adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau pertimbangan pemberian asuhan keperawatan kepada lansia sebagai health motivator (motivasi) dan health educator (pendidik).

Kata kunci: Kecemasan, lansia

Full Text:

PDF

References

Affandi. 2008. Kecemasan lansia di panti http://emperan perpus. Blogspot.Com/2011/03/hubungan-antara tingkat-kecemasan. Html.di akses tanggal 4 juni 2012

Maramis. 2005. Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Alih bahasa Ramona. P. Jakarta: EGC.

Maryam, dkk. 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta.

Notoatmojdo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, W. 2000. Keperawatan Gerontik Edisi 2. Jakarta: Penerbit EGC.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prawirohusodo, S. 1991. Ansietas Simposium Gangguan Kecemasan dan Prakteknya Sehari-hari. Ikatan Dokter Ahli Jiwa Indonesia Cabang Surakarta. 31 Agustus 1991.

Setiadi. 2007. Konsep dan penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk penelitian. Bandung.

Wahjudi, Nugroho. 2008. Keperawatan Gerontik & Geriatrik. Cetakan 2. Jakarta: EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.