HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEBIASAAN MENGKONSUMSI ALKOHOL PADA REMAJA LAKI-LAKI NTT YANG TERGABUNG DALAM ORGANISASI IKABE - MALANG

Maria Katarina Mali, Dyah Widodo, Ani Sutriningsih

Abstract

Faktor yang mempengaruhi remaja dalam mengkonsumsi alkohol salahsatunya yaitu kondisi keluarga yang meliputi keutuhan keluarga, kesibukan orang tua, dan komunikasi orang tua dengan anak. Dampak alkohol bagi remaja yaitu dapat mengakibatkan gangguan fisik seperti hepatitis dan gangguan jiwa seperti gangguan daya ingat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua dengan kebiasaan mengkonsumsi alkohol pada remaja laki-laki NTT yang tergabung dalam Organisasi Ikatan keluarga Belu-Malang. Metode penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan teknik “Total Sampling”. Sampel sebanyak 30 responden remaja NTT yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Keluarga Belu (IKABE)-Malang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan analisa data menggunakan uji statistik Spearman Rank dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh orang tua kategori cukup sebanyak 16 orang (53,3%), kebiasaan remaja mengkonsumsi alkohol kategori sedang sebanyak 14 orang (46,7%). Hasil analisa dengan Spearman Rank menunjukan p-value (0,000) < α (0,05), artinya ada hubungan yang sangat kuat antara pola asuh orang tua dengan kebiasaan mengkonsumsi alkohol pada remaja laki-laki NTT yang bersifat sejajar searah (positif) dan nilai hubungan tersebut menandakan kriteria hubungan yang sangat kuat dengan r = 0.952. Disarankan kepada orang tua agar memberikan pola asuh yang lebih baik sehingga anak tidak merasa dikekang dan anak bisa memilih keinginanya dengan kontrol dari orang tua sehingga bisa terhindar dari alkohol. Bagi remaja sebaiknya meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kata kunci : Konsumsi alkohol, pola asuh, remaja.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Edwards, M. 2006. Paduan Lengkap Gejala Medis Pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Suparyanto. 2010. Konsep Pola asuh anak. http://dr-suparyanto.blogspot.com/2010/07/konsep-pola-asuh-anak.html. diakses tanggal 13 Juni 2012.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Panuju, Panut. 1999. Psikologi Agama. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.

Riskesdas. 2007. Perilaku Minum-Minumanberalkohol.http://www.scribd.com/badra_aufa/d/72753067/4. diakses tanggal 28 Desember 2011.

Sasangka. 2003. Narkotika dan Psikotropika Dalam Hukum Pidana. Jakarta: Mandar Maju.

Sayuti. 2006. Remaja dan Bahaya NAPZA. Jakarta: Prenada Media Group.

Soetjiningsih. 2004. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Jakarta: ECG.

Tarmudji, T. 2001. Hubungan pola asuh orang tua dengan agresifitas remaja. www.depdiknas.go.id/jurnal/37/hub_pola_asuh_orang_tua.htm. Diakses tanggal 20 April 2012.

Willis, S.S. 2008. Remaja dan Masalahnya. Jawa Barat: IKAPI.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.