HUBUNGAN KEPATUHAN PERAWAT IGD DALAM MELAKSANAKAN SOP PEMASANGAN INFUS DENGAN KEJADIAN INFEKSI NOSOKOMIAL (PHLEBITIS) DI RSUD KOTABARU KALIMANTAN SELATAN

Noviar Ridhani, Swito Prastiwi, Tri Nurmaningsih

Abstract

Sebagian besar pasien yang dirawat di rumah sakit mendapatkan terapi intravena (infus), hal ini membuat besarnya populasi beresiko terkena infeksi seiring dengan tindakan pemasangan infus. Infeksi nosokomial yang sering terjadi akibat pemasangan infus (terapi intra vena) berupa phlebiti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepatuhan perawat IGD dalam melaksanakan SOP pemasangan infus dengan kejadian infeksi nosokomial (phlebitis). Sampel penelitian ini adalah 15 orang perawat IGD yang memasang infus dan 15 orang klien yang dipasang infus. Responden perawat diambil dengan menggunakan total sampling sedangkan responden klien diambil dengan menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi terhadap responden perawat dan responden klien. Berdasarkan hasil uji chi square di dapatkan X2 hitung lebih besar dari X2 tabel yaitu 5.991465 dan p-value 0,02 kurang dari alpha 0,05. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepatuhan perawat IGD dengan kejadian infeksi nosokomial (phlebitis). Hal ini berdasarkan nilai sig < α (0,02).

Kata kunci : Kepatuhan perawat, kejadian infeksi nosokomial (phlebitis), SOP Pemasangan Infus.

Full Text:

PDF

References

Brunner & Suddarth. 2001. Keperawatan Medikal Bedah, Volume 3 Edisi 8, Alih Bahasa Hartono A. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Badi, AM., dkk. 2007. Analisis Kinerja Perawat dalam Pengendalian Infeksi Nosokomial di IRNA I RSUP Dr. Sarjito Yogyakarta, KMPK Universitas Gadjah Mada Working Paper Series, No.8: 2-10.

Darmadi. 2008. Infeksi nosokomial Problematika dan Pengendaliannya. Jakarta: Salemba Medika.

Hayati, Suci Dian. Mencegah Infeksi Nosokomial. Jurnal Nasional, Edisi Minggu 15 Januari 2012, hal. 23.

Muchlas, M. 2005. Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muchdarsyah, S.. 2000. Produktivitas Apa dan Bagaimana, Edisi keempat. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Petroudi, D. 2009. Nosocomial Infection and Staff Hygiene, Journal of Infection in Developing Countries, hal. 3(2): 152-156.

Scahffer. 2000. Pencegahan Infeksi dan Praktik yang Aman. Alih Bahasa Setiawan. Jakarta: EGC.

Wijono, D. 1999. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Teori, Stratetegi dan Aplikasi. Surabaya: Airlangga University Press.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.