GAMBARAN KARAKTERISTIK PASIEN PASCA BEDAH APPENDICTOMY DI PERAWATAN BEDAH RSUD KABUPATEN KOTABARU

Rodiatul Mardiah, Sri Mudayati, Ani Sutriningsih

Abstract

Appendiks adalah organ tambahan kecil yang menyerupai jari, melekat pada sekum tepat di bawah katup ileocecal.Apendisitis adalah peradangan pada apendiks vermiformis, dan merupakan penyebab abdomen akut yang paling sering. Insiden apendisitis akut lebih tinggi pada negara maju daripada negara berkembang, namun dalam tiga sampai empat dasawarsa terakhir menurun secara bermakna, yaitu 100 kasus tiap 100.000 populasi menjadi 52 tiap 100.000 populasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik pasien pasca bedah appendictomy di perawatan bedah RSUD Kabupaten Kotabaru.Penelitian ini bersifat deskriptif dengan model pendekatan secara retrospektif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 118 orang yang diambil dengan teknik total sampling. Hasil penelitian didapatkan data pasien pasca bedah appendictomy di perawatan bedah RSUD Kabupaten Kotabaru lebih banyak terjadi pada usia 20 s/d 40 tahun (masa dewasa) yaitu sebesar 53,4%, dan berdasarkan pekerjaan lebih banyak terjadi pada orang yang berprofesi sebagai pelajar dan swasta yaitu sebesar 20%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada petugas kesehatan baik di masyarakat maupun di ruang perawatan bedah agar dapat melengkapi asuhan keperawatan yang komprehensif dengan memberikan penyuluhan kepada pasien dan keluarganya tentang faktor risiko terjadinya appendisitis serta upaya pencegahan melalui pola makan yang sehat dan tinggi serat, terutama pada usia dan pekerjaaan yang mempunyai risiko tinggi terhadap penyakit tersebut.

Kata kunci : Appendictomy, pekerjaan, usia.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, 2002.Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Doengoes, M.E.. 2000. Rencana Asuhan Keperawatan Pedoman untuk

Handerson, B. 1997. Rencana Asuhan Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.

Hartman, G. E. 2000. Apendisitis Akut. In: Nelson, W.E., Behrman, R.E., Kliegman,R.M., and Arvin, A.M., ed. Ilmu Kesehatan Anak Nelson Vol. 2. Edisi 15. Jakarta: EGC. 1364-1366.

Lawrence W. Way. 1994. Current Surgical Diagnosis and Treatment. UK.

Mansjoer. AM, 2000, Kapita Selekta Kedokteran, Edisi II. Jakarta : Media Aesculapius.

Mutiara, Erna. 2003. Karakteristik Penduduk Lanjut Usia Di Sumatera Utara Tahun 1990. http://library.usu.ac.id/download/fkm/fkmerna% 20mutiara.pdf (Diakses tanggal 15 Maret 2012).

Notoatmodjo, Soekidjo. 1997. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam, 2008.Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitan Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Peter, M, Nowschhenson, 2005. Segi Praktis Ilmu Bedah untuk Pemula. Jakarta: Bina Aksara.

Price & Wilson, 2006, Patofisiologi Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. Jakarta: EGC.

Syamsulhidayat, Win de Jong. 1997, Buku Ajar Ilmu Bedah. Jakarta: EGC.

Schwartz S.I. et al. 2000, Intisari Prinsip Ilmu Bedah Edisi 6. Jakarta: EGC.

Smeltzer, Bare, 1997.Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah.Brunner & suddart. Edisi 8.Volume 2. Jakarta: EGC

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.