HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MANFAAT POSYANDU LANSIA DENGAN KEAKTIFAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Angelika Christin Role, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Setiap orang yang telah berusia lanjut akan mengalami penurunan fungsi-fungsi fisiologis maupun psikologis. Posyandu lansia adalah bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan sendiri, khususnya penduduk usia lanjut. Posyandu Lansia memberikan manfaat berupa terlaksananya pembinaan kesehatan lansia secara berkala, tercatat dan terlaporkannya status kesehatan lansia secara berkala, termonitornya kesehatan lansia melalui pemeriksaan kesehatan lansia secara berkala, terkajinya indeks kemandirian dan indeks masa tubuh lansia secara berkala, terlaksananya upaya preventif terhadap status kesehatan lansia secara berkala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan manfaat posyandu lansia dengan keaktifan lansia di posyandu lansia di Kelurahan Lowokwaru Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Metode penelitian ini berupa penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel sebanyak 45 responden. Hasil analisis Pearson Product Moment menunjukkan 0,026 < 0,05, artinya ada hubungan tingkat pengetahuan manfaat Posyandu Lansia dengan keaktifan lansia di Posyandu Lansia di Kelurahan Lowokwaru Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Direkomendasikan tenaga kesehatan yang menyelenggarakan Posyandu Lansia harus secara aktif memberikan motivasi dan penyuluhan kepada setiap lansia sehingga posyandu lansia dapat diberdayakan secara optimal.

Kata kunci: Lansia, Posyandu Lansia.

Full Text:

PDF

References

Akhmadi. 2008. Pengertian Lansia dan Permasalahan Lanjut Usia.http://www.rajawana.com/2011/12

Erfandi. 2008. Pengetahuan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. forbetter-health.wordpress.com/08/2008/pengetahuan-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html

Meliono, Irmayanti. 2007. MPKT Modul 1. Jakarta: Lembaga Penerbitan FE-UI.

Nugroho. 2009. Perawatan lanjut Usia. Jakarta: EGC.

Nasir, Nasriyadi. 2010. Potret Pembangunan Kesehatan Indonesia. http://www.nasriyadinasir.co.cc/2010/potret-pembangunan-kesehatan-Indonesia.html.

Yuni. 2009. Posyandu Lansia. bidandesa.com/posyandu-lansia.html.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.