HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMBERIAN STIMULASI DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Ema Marlina, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Kemandirian merupakan suatu sikap individu yang diperoleh secara komulatif selama perkembangan, dimana individu akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi berbagai situasi lingkungan sehingga individu mampu berfikir dan bertindak sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan kemampuan pemberian stimulasi dengan kemandirian pada anak usia prasekolah. Desain penelitian ini deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua yang mempunyai anak usia prasekolah dan semua anak usia prasekolah yang berjumlah masing-masing 46 orang, dengan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak usia prasekolah sebanyak 46 anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2013. Analisis yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil penelitian disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua responden memiliki kemampuan pemberian stimulasi kategori baik sebanyak 63,0%, sedangkan untuk kemandirian anak sebagan besar responden memiliki kemandirian dalam kategori baik sebanyak 58,7%. Hasil analisa uji statistik di ketahui p value sebesar 0,000 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemberian stimulasi dengan kemandirian anak usia prasekolah di Kelurahan Tlogomas Malang. Disarankan pada orang tua untuk mempertahankan kemampuan pemberian stimulasi pada anak, atau lebih meningkatkan lagi dengan cara mengikuti pelatihan dan banyak membaca tentang stimulasi perkembangan anak.


Kata kunci: Kemampuan, Kemandirian, Pemberian Stimulasi

Full Text:

PDF

References

Hartono, A.B. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta. Jakarta.

Lie, A & Prasasti,S. 2004. 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Mu’tadin, Z. 2002. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Pada Remaja. http/daffodilmuslimah.multiply.com/jurnal/item/162/kemandirian. 8 juni 2013.

Nugraha, A. 2003. Pembangunan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional– Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Jakarta.

Soetjiningsih. 2002. Tumbuh Kembang Anak. EGC. Jakarta.

Soetjiningsih, 2004, Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Sagung Seto. Jakarta.

Zaviera, Ferdinand. 2008. Mengenali dan Memahami Tumbuh Kembang Anak. Katahati. Jogjakarta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.