HUBUNGAN MOTIVASI MENJADI PERAWAT DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Evy Safitri, Dyah Widodo, Esti Widiani

Abstract

Tercapainya tujuan pendidikan akan ditentukan oleh berbagai unsur yang menunjangnya seperti mahasiswa, tujuan, dan guru atau dosen. Dalam pendidikan keperawatan, motivasi dan prestasi belajar mahasiswa sangat penting untuk menilai tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan keperawatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi menjadi perawat dengan prestasi belajar mahasiswa di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Desain penelitian menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Analisa data yang menggunakan uji korelasi Spearman Rank.Populasi diambil dari seluruh mahasiswa angkatang masuk tahun 2010 sebanyak 70 mahasiswa. Besar sampel 70 dari seluruh responden pengambilan sampel secara total sampling data di ambil mengunakan lembar kuisioner untuk motivasi dan lembar kartu hasil studi untuk prestasi belajar mahasiswa. Hasil uji statistik Spearman rank didapatkan pvalue = 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan disimpulkan ada hubungan yang cukup kuat antara hubungan Motivasi Menjadi Perawat Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Program Studi Ilmu Keperawatan Tribhuwana Tunggadewi Malang dengan nilai r = 0,522. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan memperluas populasi penelitian, sehingga keragaman karateristik responden dapat lebih terwakili, area penelitian yang lebih luas dan faktor determinan untuk lebih diteliti dengan mengkaji indikator dari masing-masing variabel yang lebih luas.

Kata Kunci: Motivasi, Perawat, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Hamalik. 2000. Model-Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PPS UPI.

Makmun, A. S. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru.

Surakhmad. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Bandung-Ternate.

Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.