HUBUNGAN MEKANISME KOPING KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN STROKE DI RUANG RAWAT INAP DEWASA RUMAH SAKIT PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Ratna Yuanita S., Ani Sutriningsih, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Stroke adalah gangguan fungsional otak akut akibat terhambatnya aliran darah ke otak karena perdarahan ataupun sumbatan. Penyakit stroke dapat menimbulkan dampak psikologis pada keluarga pasien, salah satunya keluarga akan mengalami kecemasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara mekanisme koping keluarga dengan tingkat kecemasan keluarga pasien stroke di ruang rawat inap dewasa Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah salah satu keluarga pasien stroke yang berada di ruang rawat inap dewasa Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang sejumlah 26 responden. Uji korelasi spearman digunakan untuk mengetahui hubungan mekanisme koping keluarga dengan tingkat kecemasan keluarga pasien stroke. Hasil uji Spearman menunjukkan bahwa hasil koefisien korelasi sebesar -0,529 dengan p-value 0,005 = p-value < 0,05. Oleh karena itu, H0 ditolak artinya ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara mekanisme koping keluargadengan tingkat kecemasan keluarga pasiendiruang rawat inap dewasa Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang.

Kata Kunci: Mekanisme Koping, Keluarga, Stroke , Tingkat Kecemasan.

Full Text:

PDF

References

Abdul, Nasir. 2011. Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Ahyar, Wahyudi. 2010. Konsep Diri dan Mekanisme Koping dalam Proses Keperawatan.http://Wordpress.com 11 Desember 2014.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. 2008. Prevalensi Jumlah Penderita Stroke. http://kesehatan/download/fkm/fkm- 7 Maret 2015.

Christie, D. 2011. Apa sih dampak dari stroke itu? http://kompasiana.com/ 11 Maret 2015.

Inayah. 2011. Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Mekanisme Koping Pada Pasien Gagal Jantung Kongestif di RSU Pandan Arang Boyolali . http://www.BIK_Vol_2_No_1_4_ 4 Februari 2015.

Junaidi, I. 2011. Stroke Waspadai Ancamannya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kusumawati, F. 2010. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Maria. 2010. Gambaran Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Stroke Di RSUD Prof Dr Hi Aloi Saboi Gorontalo. http://portalgaruda.org/download_article.php?article=59055&val=4132. 7 November 2014

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodeologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam, 2013. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Stuart, sundeen. 2012. Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta: EGC.

Wiyono, J. 2013. Keperawatan Tumbuh Kembang Keluarga. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Yulianto, A. 2011. Mengapa Stroke Menyerag Usia Muda?. Jakarta: PT. Buku Kita.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.