HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Suhandi Suhandi, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan keserasian antara perkembangan fisik dan perkembangan mental. Tingkat keadaan gizi normal tercapai bila kebutuhan zat gizi optimal terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status gizi terhadap prestasi siswa di Sekolah Dasar Negeri Sumber Sekar 1 Dau, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian non ekperimen dengan jenis correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi di Sekolah Dasar (SD) Sumber Sekar Dau sebanyak 52 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 orang. Pengambilan sampel dengan total sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearmant rank dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil uji statistk penelitian hampir seluruh responden masuk kategori status gizi normal sebanyak 42 anak (80,8%), dan hampir seluruh responden berprestasi belajar baik sebanyak 42 orang (80,8%). Hasil analisis bivariat menunjukan p-value = 0,02 < 0,05. Artinya ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar dengan kekuatan hubungan subtansial atau sedang.

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Status Gizi

Full Text:

PDF

References

Ahmadi. 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anwar, HM. 2009. Pangan Gizi Dan Pola Asuh Dalam Meningkatkan Kualitas Tumbuh Kembang Anak. http:// www.whandi.net. Diakses tanggal 11 Januari 2012.

Hadi. H. 2005. Bagan Ganda Masalah Dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pembangunan Kesehatan Nasional. http://www.gizi.net. Diakses tanggal 10 Januari 2012

Supariasa. 2001. Penilaian Satus Gizi. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.