HUBUNGAN WAITING TIME DENGAN KEPUASAN PASIEN PRIORITAS 3 DI INSTALASI GAWAT DARURAT RS PANTI WALUYA SAWAHAN MALANG

Yeni Kristiani, Ani Sutriningsih, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan suatu unit pelayanan di rumah sakit yang harus memberikan pelayanan yang cepat dan tepat agar tujuan dari pelayanan gawat darurat tercapai dan sekaligus memberikan kepuasan kepada pasien. Salah satu bentuk mutu pelayanan yang sering dikeluhkan masyarakat adalah waktu tunggu (waiting time). Waiting time merupakan salah satu aspek dari dimensi mutu pelayanan. Apabila waiting time dikelola dengan baik, hasil yang didapatkan adalah peningkatan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara waiting timedengan kepuasan pasien prioritas 3 di IGD RS Panti Waluya Sawahan Malang. Penelitian ini menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien prioritas 3 yang didapatkan dengan metode purposive sampling sebanyak 30 orang. Data waiting time diperoleh dengan cara observasi menggunakan alat bantu stopwatch, sedangkan untuk mengetahui kepuasan pasien didapatkan dengan cara memberikan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik korelasi person produk moment.Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden (27 orang (90%)) menunjukkan wating time yang tepat, sedangkan untuk kepuasan pasien sebagian besar (18 orang (53%)) menyatakan sangat puas. Hasil analisis bivariat menggunakan uji korelasi person produk moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara waiting time dengan kepuasan pasien prioritas 3 di IGD RS Panti Waluya Sawahan Malang (p-value 0,025<0,05) dan r = 0,408.

Kata kunci : Waiting time, kepuasan pasien, pasien prioritas 3

Full Text:

PDF

References

Al-haratini, R. 2010. Optimizing wait time using smart phones as a patient empormernet tool. California State university, long Beach. Proquest dissertations on theses. 45.

Alimul, Hidayat, A. 2014. Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisa Data.. Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta.

Budiman. 2011. Penelitian Kesehatan. Buku pertama. Bandung: Refika Aditama.

Department of Emergency Medicine Singapore general Hospital. Triage Officers Course.

Department of health and Community service, 2012.A strategy to reduce Emergency Departement Wait Times in Newfoundland and Labrador.

Depkes RI. 2008z,. Kepmenkes Nomer 129/MenKes/SK/II/2008 tentang Standart Pelayanan Minimal RS. Jakarta.

DepKes RI. 2009, KepmenKes Nomer 856/MenKes/SK/IX/2009 tentang Standart Pelayanan IGD. Jakarta.

Health Sciences North Horizon Santenord. 2014. Understanding Emergency Departement (ED) wait time.

Iserson, KV., & Moskop, JC. 2007. Triage in medicine, part I: Concept, history, and types. Annalas of Emergency medicine. 49, 275-281.

Louise, BR, Ibuka, Y.Y & Care, D. 2008. How much time do patient spend on outpatient visits. The American ime use survey the patient. 1(3), 211-22.

Mashuri, A, 2012, Analisis factor-faktor yang berhubungan dengan waktu btunggu persiapan operasi cito di IGD RS Karya Medika I bekasi tahun 2011.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan metodologi penelitian Ilmu Keperawatan (edisi 2), Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2013. Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam Pratek Keperawatan Profesional (edisi 3), Jakarta: Salemba medika.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan, Aplikasi dalam praktek keperawatan professional (edisi 4). Jakarta: Salemba medika.

Pohan, I. 2006. Jaminan mutu layanan kesehatan. Jakarta: EGC.

Rajab, W. 2009. Buku ajar Epidemologi. Jakarta: EGC.

The ministry of Health. 2011. Targeting Emergencies (Shorter stays in Emergency Departements).

Wasis. 2008. Pedoman riset praktis untuk profesi perawat. Jakarta: EGC.

Wiyono, D.J. 2000. Manajemen Mutu pelayanan kesehata. Surabaya: Airlangga Univercity Press.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.