HUBUNGAN POLA PEMERIKSAAN IBU HAMIL DENGAN KESIAPAN DALAM MELAHIRKAN DI KELURAHAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT TAHUN 2012

Esani Esani, Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Kehamilan merupakan suatu momen yang dinanti-nantikan oleh seorang wanita yang sudah menikah. Pada saat seorang wanita positif hamil, wanita tersebut akan menjaga dengan baik janin yang ada dalam kandungannya salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada tenaga medis atau tenaga kesehatan terdekat. Kunjungan pemeriksaan saat ibu hamil ini sangat penting dalam kesiapan ibu saat melahirkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola pemeriksaan ibu hamil dengan kesiapan dalam melahirkandi kelurahan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat Tahun 2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memeriksakan kehamilannya ke puskesmas, ibu hamil dari bulan januari sampai agustus tahun 2012. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 78 orang ibu. Pengambilan sampel dengan menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang bertujuan untuk mengetahui pola pemeriksaan ibu serta kesiapan ibu salam melahirkan. Analisis data menggunakan uji korelasi Person’s.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 96,2% (75) ibu melakukan pemeriksaan teratur pada saat trisemester I, 83,3% (65) pada trimester II juga teratur, 64,1% (50) ibu juga menunjukkan pemeriksaan teratur pada saat trisemester III dan untuk persiapan melahirkan didapatkan hasil 94,9% (74) menunjukkan kesiapam ibu untuk melahirkan. Hasil analisis bivariat menunjukan nilai Sig. (2-tailed) = 0,009 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan anatara pola pemeriksaan kehamilan dengan persiapan melahirkan.

Kata Kunci: Kesiapan melahirkan, Pola Pemeriksaan kehamilan.

Full Text:

PDF

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.

Depkes. 2008. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Mochtar, R. 1998. Sinopsis Obstetri: Obstetri Fisiologi,Obstetri Patologis. Jakarta: EGC.

Nursalam. 2003. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Saiffudin, 2002. Infeksi Kehamilan dan Penyakit Menular Seksual dalam Buku Acuan Nasional Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka.

Sugiono, 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Soetjiningsih.2003. PerkembanganAnakdanPermasalahannya. Jakarta: EGC.

Widarjono, 2005. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Renika Cipta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.