HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN KINERJA PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT TINGKAT II dr. SOEPRAOEN MALANG

Gunawan Gunawan, Tri Anjaswarni, Sarimun Sarimun

Abstract

Pelayanan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan professional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan didasarkan pada ilmu dan pendekatan proses keperawatan. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada tanggal 7 Januari 2012, bahwa pelaksanaan proses keperawatan belum dikerjakan secara sistematis oleh perawat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tingkat II dr. Soepraoen Malang. Metode penelitian ini berupa penelitian kuantitatif non experimental dengan rancangan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan teknik simple random sampling. Sampling sebanyak 32 responden. Data dikaji dengan kuisioner dan observasi. Analisa data menggunakan uji statistik Pearson Product Moment. Hasil uji statistik didapatkan sebanyak (34,37%) pengetahuan perawat baik dalam memahami asuhan keperawatan dan sebanyak (40,63%) kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan baik. Hasil analisa deskriptif menunjukkan p-value (0,18) > a (0,05) artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kinerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Beberapa saran yang dapat direkomendasikan kepada pihak-pihak antara lain, bagi rumah sakit adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui perubahan sosioteknis, perputaran tenaga kerja dan evaluasi program latihan dan pengembangan melalui On-The-Job Training, metode-metode simulasi, dan teknik-teknik presentasi informasi. Bagi peneliti Selanjutnya apabila melakukan penelitian dengan masalah yang sama diharapkan untuk mengkaji faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja serta melakukan pengamatan kinerja lebih lama.

Kata Kunci: Pengetahuan, Kinerja, dan Asuhan Keperawatan.

Full Text:

PDF

References

Hendra, A.W. 2008. www.scrib.com/doc/44463497/konsep-pngetahuan. Diakses pada tanggal 12 Mei 2012.

Mangkunegara, A.P. 2010. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.

Megawati. 2005. http://penilaiankineerjaperawat.com/. Diakses pada 12 Mei 2012.

Notoadmojo. 1997. Pengetahuan. fakhrifakhreza. blogspot.com/2011/02/pengetahuan-pengetahuan.html. Diakses 5 April 2012.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu keperawatan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. 2002. Manajemen Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.