PENGETAHUAN ANAK-ANAK JALANAN (USIA SEKOLAH) BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)

Maria Yosefina Buramare, Atti Yudiernawati, Tri Nurmaningsari

Abstract


Anak jalanan menjadi salah satu masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat, biasanya tinggal di lingkungan yang kurang baik, yakni lingkungan yang tercemar, kurang bersih, dan rendahnya pengetahuan tentang hidup bersih dan sehat. Pengetahuan anak jalanan tentang perilaku hidup bersih dan sehat sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan anak- anak jalanan (usia sekolah) terhadap pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak jalanan (usia sekolah)yang terdapat di sekitar Kelurahan Merjosari sebanyak 25 orang. Sampel sejumlah 25 orang diambil dengan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner (angket) dan lembar observasi. Analisa data dengan bantuan SPSS for windows serta menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian diketahui sebagian besar responden mempunyai pengetahuan yang baik tentang PHBS dan sebagian besar responden mempunyai perilaku PHBS dengan kategori yang baik. Pengujian statistik dengan p-value sebesar 0,021 menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan anak-anak jalanan (usia sekolah) dengan pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat di Kelurahan Merjosari.

Kata Kunci : Anak Jalanan, Pengetahuan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek ). Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Alimul. A. 2009. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Departemen Kesehatan RI Pusat Promosi Kesehatan. 2007. Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

Dinkes. 2006. Pedoman Pengembangan Kabupaten/ Kota Percobaan Program PHBS (Dinkes Sulsel.go.id/pdt/PHBS.pdf. Diakses pada tanggal 09 Januari 2012.

Ekasari, dkk. 2008 Keperawatan Komunitas Upaya Memandirikan Masyarakat Untuk Hidup Sehat. Jakarta: Trans Info Media.

Hidayat. 2002. Riset Keperawatan Dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Notoadmojo, Soekidjo. 2003. Pengantar Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Prilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika.

Sugiyono. 2005. Metodologi Penelitian Suatu Administrasi. Bandung: Alfa Beta. (http://digilib.litbang.depkes.go.id. Dakses pada tanggal 25 Desember 2011)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.