PENGETAHUAN BERHUBUNGAN DENGAN SIKAP WANITA PEKERJA SEKS KOMERSIAL DALAM PENCEGAHAN HIV/AIDS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GONDANG LEGI MALANG

Nur Fauzi Marindra, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

HIV/ Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan kemudian menimbulkan AIDS. HIV juga merupakan penyebab penyakit kelemahan sistem imun AIDS. Pencegahan HIV/AIDS dipengaruhi oleh faktor pengetahuan dan sikap PSK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap wanita pekerja seks komersial dalam pencegahan HIV/AIDS. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan secara cross-sectional. Populasi adalah semua wanita pekerja seks komersial yang memeriksakan diri ke Puskesmas Gondang Legi sejumlah 86 orang, dengan menggunakan teknik accidental sampling didapatkan sampel sejumlah 32 orang. Variabel independent adalah pengetahuan sedangkan variabel dependent adalah sikap wanita pekerja seks komersial yang memeriksakan diri ke Puskesmas Gondang Legi. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner dengan analisa data Spearman Rank dan bantuan SPSS 16 for window dengan tingkat kemaknaan sebesar 0,05 (tingkat kepercayaan 95%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wanita pekerja seks komersial mempunyai tingkat pengetahuan baik; dan sebagian besar wanita mempunyai sikap yang tidak baik dalam pencegahan HIV/AIDS. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan antara pengetahuan dengan sikap wanita pekerja seks komersial dalam pencegahan HIV/AIDS di wilayah kerja Puskesmas Gondang Legi Kabupaten Malang.

Kata Kunci : Pengetahuan, Pekerja Seks Komersial, Sikap.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan RI. 1992. Petunjuk Pengembangan Program NasionalPemberantasan dan Pencegahan AIDS.Jakarta 1992 (Berita AIDS III No. 3/ 1994 dan Berita AIDS III No. 4/1994). Diakses pada tanggal 16 Februari 2012.

Departemen Kesehatan RI. AIDS Dan Penanggulangannya, Bahan Bacaan UntukSiswa dan Mahasiswa Pendidikan Kesehatan, Edisi Ketiga. Bandung: Studio Driya Medika; 1997. p. 71-82.

Notoatmodjo, S. 1993. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Walgito, B.2001.Psikologi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ardi.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.