PENGARUH PENGGUNAAN SABUN SIRIH (Piper battle L) TERHADAP KEPUTIHAN PADA REMAJA PUTRI

Fajar Purwantini, Sri Mudayati, Susmini Susmini

Abstract

Keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan keluar dari vagina yang bukan darah. Keputihan bisa bersifat fisiologis namun bisa juga bersifat patologis. Keputihan dapat disebabkan oleh penularan infeksi kuman, pengunaan sabun berlebihan, faktor fisik dan masalah kebersihan diri. Perawatan daerah kewanitaan menjadi sangat penting karena berkaitan erat dengan sirkulasi menstruasi, keputihan, hubungan seks dan kehamilan. Daun sirih adalah salah satu ramuan untuk merawat organ intim. Daun sirih mengandung zat tannin yang dapat mengurangi pengeluaran cairan alami vagina yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan sabun sirih (Piper battle L) dalam mencegah keputihan pada remaja putri. Desain penelitian menggunakan quasy eksperimental. Variabel yang diteliti adalah keputihan sebagai variabel independen dan penggunaan sabun sirih sebagai variabel dependen. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 30 responden dengan 50% responden menggunakan sabun sirih dan 50% responden yang tidak menggunakan sabun sirih. Data dikumpulkan dengan wawancara dan menggunakan kuesioner yang berisi 11 pertanyaan tentang keputihan. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dua variabel. Hasil analisa data menunjukan bahwa dengan menggunakan sabun sirih 66,67% responden tidak mengalami keputihandan remaja putri yang tidak menggunakan sabun sirih 93,33% responden mengalami keputihan. Hasil uji statistik dengan nilai t hitung > t tabel maka hipotesis Ho ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan sabun sirih dalam mencegah keputihan pada remaja putri. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan sampel yang lebih besar, area penelitian yang lebih luas dan meneliti variabel lain diluar variabel penelitian.

Kata Kunci : Keputihan, Remaja Putri, Sabun Sirih.

Full Text:

PDF

References

Anonim. 1980.MateriaMedika Indonesia, Edisi IV. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia,

Arikunto, Suharsimi. 2006. ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta : Rineka Cipta

Dalimartha, Setiawan. 2006. Atlas TumbuhanObatJilid 4. Jakarta : Puspa Swara.

Manuaba, I.B.G, 1998. IlmuKebidanan, PenyakitKandungandan KB. Jakarta: EGC.

Nursalam. 2003. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Putu. 2009. Prevalensi kejadian keputihan. URL:http://www.ziddu.com/download/5028081/atPrevalensi-kejadian.keputihan.zip. Diakses tanggal 12 Nopember 2011.

Widyastuti, Y., Rahmawati, A., Purnamaningrum, Y. E. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Fitramaya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.