HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA REMAJA

Sapuat Sapuat, Tri Anjaswarni, Sarimun Sarimun

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern akan membuat remaja sering menunda waktu untuk tidur. Kebanyakan remaja memulai tidur lebih larut malam dan bangun lebih pagi dengan tuntutan untuk pergi kesekolah akibatnya kualitas tidur remaja menjadi buruk sehingga hal ini dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar, perubahan tingkat emosional, dan perubahan tekanan darah remaja. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara kualitas tidur dengan perubahan tekanan darah pada remaja di SMK PGRI 3 Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi 946 siswa dengan sampel 42 siswa. Teknik sampling menggunakan proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan derajad kemaknaan a = 0,05. Hasil uji statistik berjumlah 59,5% siswa mempunyai kualitas tidur buruk dan 71, 4 % siswa mengalami perubahan tekanan darah. Hasil analisis korelasi menunjukkan p-value 0,00 < 0,05. Disimpulkan ada hubungan antara kualitas tidur dengan perubahan tekanan darah dengan kekuatan hubungan kuat (r = 0,767). Disarankan agar pihak sekolah sedini mungkin agar memperhatikan anak didiknya yang dianggap memiliki kualitas tidur buruk dengan memberikan bimbingan konseling dan memberikan solusi kepada siswa yang mempunyai kualitas tidur yang tidak baik.

Kata Kunci : Kualitas tidur, tekanan darah, remaja.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Azzam, R. 2009. Istirahat Dan Tidur. http://rohmanpsikjkkumj.wordpress.com/..Diakses pada tanggal 20 Desember 2011.

Hidayat, A.A.A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data, Surabaya: Salemba Medika.

Javaheri, et al. 2008. Sleep Quality and Elevated Blood Pressure in Adolescents.

Madjoes, S. 2011. Durasi Tidur Meningkatkan Resiko Penyakit Kardiovaskular. http://suryamadjoes99.blogspot.com/201 l _l l _Ol _archive.html. Diakses 23 Desember 2011.

Nursalam. 2003. Pendekatan Praktis Metode Riset Keperawatan. Jakarta: CV Infomedika.

Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan; Konsep, Proses dan Praktik Edisi 4 Volume 2. Jakarta: EGC.

Ronny, et al. 2010. Fisiologi kardiovaskular berbasis masalah keperawatan.. Jakarta: EGC.

Rumini, S. & Siti, S. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wendy, M. et al. 2007. Marital Quality and Marital Bed: Examining The Cobariation Between Relationship Quality and Sleep. NIHPA Author Manuscirpts. 389-404. http://www. ncbi. nlm. nih.gov/pubmed/17854738. Diakses pada tanggal 23 Desember 2011.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.