KAITAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU SADARI MAHASISWI

Setiawan Setiawan, Swito Prastiwi, Sarimun Sarimun

Abstract

Pemeriksaan payudara pada diri sendiri (SADARI) merupakan pemeriksaan yang bertujuan menemukan tumor atau kanker oleh penderita sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan sikap dan motivasi dengan perilaku SADARI mahasiswi PSIK UNITRI Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian ini adalah mahasiswi PSIK UNITRI Malang, didapatkan sampel sebanyak 53 responden dengan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen menggunakan kuesione dan analisa datamenggunakan pearson pruduct moment. Hasil analisis univariat diketahui sejumlah 73,6 % responden memiliki pengetahuan cukup, sejumlah 62,26% responden memiliki sikap sangat mendukung, sejumlah 73,59 % responden memiliki motivasi tinggi, dan sejumlah 69,81% responden memiliki perilaku cukup tentang SADARI. Hasil uji bivariat product moment pearson diketahui bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan, sikap dan motivasi dengan perilaku SADARI mahasiwi PSIK UNITRI masing-masing secara berurutan memiliki nilai (p-value = 0,999, 0,354, 0,164) dan hasil Analisis multivariat Regresi diketahui tidak ada hubungan pengetahuan sikap dan motivasi secara bersama-sama dengan perilaku SADARI Mahasiswi PSIK UNITRI Malang (p-value0,273). Berdasarkan hasil penelitian, maka perilaku mahasiswi PSIK UNITRI perlu ditingkatkan dengan cara pemanfaatan teman kelompok untuk saling mengingatkan pelaksanaan SADARI, Institusi memasang brosur, pembagian leaflet dan disarankan untuk penelitian selanjutnya meneliti mengenai peran kelompok dalam peningkatan perilaku SADARI mahasiswi tentang pelaksanaan SADARI.

Kata kunci: Motivasi, pengetahuan, perilaku SADARI, sikap.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Astana, Mahesa. 2009. Kanker (panduan mengelola dan mengobati kanker. Yogyakarta: Araska.

Azwar, Saifudin. 2010. Sikap Manusia(Teori Dan Pengukurannya). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Briani, Farida. 2009. Pemahaman Yang Benar Dan Penanganan Yang Tepat Terhadap Kanker Payudara http://www.permatacibubur.com/Pemahaman-Yang-Benar-Dan-Penanganan-Yang-Tepat-Terhadap-Kanker-Payudara.html: Diakses pada tanggal 03 April 2012.

Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Derektorat Jendral Pp & Pl Departemen Kesehatan RI. 2009. Buku saku pencegahan kanker rahim dan kanker payudara.

Handayani. 2008. Hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap Dengan perilaku para wanita dewasa awal dalam Melakukan pemeriksaan payudara sendiri diKelurahan kalangan kecamatan pedan klaten. PSIK FK UNDIP.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (Pedoman Skripsi, Tesis, Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba medika.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.