GANGGUAN TIDUR BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SUMBER SEKAR KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG

Ya’kub Ya’kub, Dyah Widodo, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Gangguan tidur merupakan masalah yang banyak dialami oleh anak sekolah dikarenakan berkembang pesatnya teknologi sehingga akan berpengaruh pada prestasi belajar. Tidur anak sekolah dasar yang tidak terganggu akan berpengaruh pada prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gangguan tidur dengan prestasi belajar pada anak Sekolah Dasar Negeri 01 Sumber Sekar Kecamatan DAU, Kabupaten Malang. Penelitian ini mengunakan desain korelasional dengan metode pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 150 siswa dengan pengambilan sampel sebanyak 105 siswa. Pengambilan sampel dengan mengunakan proportionale stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis gangguan tidur berupa quesioner dan untuk menganalisis prestasi belajar menggunakan raport. Data dianalisis dengan pearson product moment dengan derajat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian sebanyak 50% anak kurang mengalami gangguan tidur dan 48% anak mempunyai prestasi belajar baik. Hasil analisis product moment menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,00 < α 0,05. Disimpulkan ada hubungan gangguan tidur dengan prestasi belajar dengan kekuatan hubungan sedang (r = 0,444). Disarankan kepada orang tua yang memiliki anak yang mengalami gangguan tidur dapat mengontrol atau memperhatikan tidur anak mereka dengan cara tidak menyediakan televisi dalam kamar dan mengarahkan anak agar tidur siang, tidur tepat waktu, dan tidak terlalu lama menonton televisi.

Kata Kunci : Gangguan tidur, prestasi belajar, anak Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buku Laporan Pendidikan Sekolah Dasar 2011

Buysse, D.J et al. 1989.The Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI): Anew instrument for psychiatric research and practice. Psychiatry Research 28:193-213. Issue Number 6.1, Revised 2012. www.ConsultGeriRN.org diakses pada tanggal 10 Mei 2012.

Hidayat, A. A. 2009. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.

Kalpen, A.S. 2007.Tidak Bodoh tapi tinggal kelas. http://www.handoko.net/ keluarga.org/tinggal _kelas.html. Diambil pada tanggal 26 januari 2012.

Kozier, B. 2004. Fundamental of nursing. Seventh edition. Vol 2. Jakarta: EGC.

Mashabi , R. 2011. Kurang tidur dan kecerdasan. http://parentsindonesia.com diakses pada tanggal 12 Mei 2012 diposkan pada tanggal 5 April 2011.

Mikail, B. 2011.Tidur 9 Jam Bikin Anak Cerdashttp://edukasi.kompas.com.diaksespada tanggal 12 Mei 2012 diposkan pada tanggal 14 April 2011.

Nasution, S. 1996. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Noorastuti, P.T, 2010. Cara efektif buat anak cerdas.http://kosmo.vivanews.com diakses pada tanggal 26 januari 2012 diposkan pada tanggal 12 juli 2009.

Nursalam.2003. Konsep Penerapan Metologi Penelitian Ilmu Keperawatan. (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Medica.

Potter & Perry, 2005.Buku Ajar Edisi 4 volume 2 Fundamental Keperawatan.

Potter & Perry, 2005.Fundamentals of Nursing (Konsep, Proses dan Praktik). Jakarta: EGC jurnal.

Winkle, WS 1997.Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.