KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUD KABUPATEN KOTABARU

Badariah Badariah, Farida Halis Dyah Kusuma, Novita Dewi

Abstract

Penyakit ginjal kronik (PGK) adalah kondisi penurunan fungsi ginjal yang cukup berat, disebabkan oleh berbagai penyakit ginjal. Data Riskesdas Tahun 2013 menunjukkan bahwa penduduk yang terdiagnosis PGK sebesar 0,2%. Angka ini lebih rendah dibandingkan prevalensi PGK di negara-negara lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik usia, pendidikan dan pekerjaan pada pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di RSUD kabupaten Kotabaru. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh pasien PGK yang menjalani hemodialisis di Kabupaten Kotabaru dari bulan Desember 2007 hingga Desember 2011. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien penyakit ginjal kronik berusia 41 - 50 tahun (30%), pendidikan SD (44%) dan pekerjaan swasta (38%). Kesimpulan dari hasil penelitian diperoleh bahwa karakteristik pasien yang menjalani hemodialisis yaitu dalam rentang usia 41-50 tahun, pendidikan SD, dan pekerjaan swasta.

Kata kunci: Hemodialisis, karakteristik pasien penyakit ginjal kronik.

Full Text:

PDF

References

Almatsier.S, 2005.Penuntun Diet Edisi Baru. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kresnawan, Triyani. 2005. Penatalaksanaan Diet Pada Penyakit Ginjal Kronis.Disampaikan pada Pertemuan Ilmiah Nasional II AsDi Bandung 18 – 19 Pebruari 2005.

Lewis, Heit Kemper, Dirksen. 2004. Medical Surgical Nursing Fith Edition. St Louis Missouri:Mosby.

Rahardjo, Pudji. 2001. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid 2 Edisi 3. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.