HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PEMILIHAN MAINAN EDUKATIF ANAK USIA TODDLER DI PAUD MELATI KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Hendra Hendra, Swito Prastiwi, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Banyak orang tua belum mengetahui manfaat dan fungsi dalam memilih mainan. Para orang tua/ibu membelikan mainan apa yang disukai anak tanpa memperhatikan fungsi dan manfaat mainan edukatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan orang tua dengan pemilihan mainan edukatif anak usia toddler di PAUD Melati RW 02 Kelurahan Tlogomas Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi adalah semua ibu di PAUD Melati RW 02 Kelurahan Tlogomas Malang. Sampel dalam penelitian ini 49 orang diambil dengan teknik total sampling dan dianalisa dengan menggunakan uji statistik Spearman rank. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 34 orang (69,4%) memiliki pengetahuan baik dan 44 orang (89,8%) dapat memilih mainan edukatif dengan baik. Hasil analisis dengan uji Spearman rank menunjukan p-value 0,036. Artinya ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan orang tua dengan pemilihan mainan edukatif anak usiatoddler. Saran bagi orang tua untuk meningkatkan pengetahuan tentang mainan edukatif dengan cara memperbanyak mendapatkan sumber informasi melalui media massa. Bagi peneliti selanjutnya perlu meneliti faktor-faktor yang terkait dengan pemilihan mainan edukatif.

Kata kunci : Anak usia toddler, pengetahuan orang tua, pemilihan mainan edukatif.

Full Text:

PDF

References

Alimul, A. 2007.Riset Keperawatan Dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Selemba Medika

Arikunto, 2002.Prosedur Penelitian : Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

DepKes RI. 2005. Pedoman pelaksanaan stimulasi, Deteksi dan Intervensi DiniTumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.Jakarta.

Elizabeth, B. 1999.Faktor yang Mempengaruhi Permainan Anak. http://www.pustakabumi.com/faktor-yang-mempengaruhipermainan anak.html. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012.

Erfandi. 2009. Pengetahuan dan Faktor yang Memengaruhihttp://forbetterhealth.wordpress.com/2009/04/19/pengetahuandan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012.

Mulyani, R. 2006. Permainan Edukatif dalam Perkembangan Logic-Smartanak. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Notoatmodjo. 2003. Pedidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Reneka Cipta.

Notoatmodjo. 1993. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Kesehatan. Yogyakarta : Andi Offset.

Notoatmodjo. 2005. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta.

Rosida. 2008 Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta.

Suherman. 1995. Teori Bermain. http://digilib.unimus.ac.id/download.php?id=4732. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012. Jam 20.30 WIB.

Sijanggut. 2012. Cara Memilih Mainan Anak. http://sijanggut.blogdetik.com/tag/mainan-edukatif. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012. Jam 20.30 WIB.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Soetijiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak :Bermain Dan Alat PermainanAnak.Jakarta : ECG.

Tedjasaputra.2001. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu denganPemilihan Jenis Mainan untuk Anak 1-3 Tahun.Diakses pada tanggal 30 Maret 2012. Jam 22.00 WIB.

Tedjasaputra. 2001. Manfaat Mainan Edukatif. http://www.tempatmainananak.com/blog/manfaat-mainan-anakedukatif. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012.

Wardi. 2011. Faktor Penting dalam Memilih Mainan untuk Anak.http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/HobbyLeisure/?kid=44992〈=enus. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.