HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RUANG RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA MALANG

Tina Krisnawati, Ngesti W. Utami, Lasri Lasri

Abstract

Mutu pelayanan keperawatan dapat dilihat dari pelayanan keperawatan yang komprehensif berdasarkan standar keperawatan yang telah ditetapkan sesuai dengan keinginan pasien sehingga tercipta kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien ruang rawat inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan jumlah responden sebanyak 38 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisoner tertutup. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 68,42% responden mempunyai kinerja baik dalam melakukan asuhan keperawatan dan sebanyak 63,16% responden menyatakan sangat puas terhadap kinerja perawat. Hasil uji korelasi Spearman 0,355 dengan p-value sebasar 0.029 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan partisipasi perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas bagi pasien, dan rumah sakit melakukan evaluasi terhadap kinerja perawat berdasarkan standar asuhan keperawatan yang ditetapkan di rumah sakit sehingga perawat mampu menghasilkan pelayanan yang bermutu.

Kata kunci : Kinerja perawat, kepuasan pasien.

Full Text:

PDF

References

Asmuji. 2012. Manajemen Keperawatan; Konsep dan Aplikasi. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nursalam. 2013. Manajemen Keperawatan; Aplikasi dalam Praktik Kepe-rawatan Profesional, edisi 3, Jakarta: Salemba Medika.

Pardani. 2001. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien. http://Jurnal.Repository.Unand.ac.id/16685/. diakses Tanggal 4 April 2015.

Sukma, Nolo Widyawati. 2012.Konsep Dasar Keperawatan.Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tony, Wijaya. 2011.Manajemen Kualitas Jasa.Jakarta: Permata Puri Media.

Wawan.2011.Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Wirawan.2000.Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Asuhan Keperawatan. www.digilib.stikes muh-pkj.ac.id.diakses tanggal 4 April 2015.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.