HUBUNGAN UNSAFE ACTION DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT PANTI WALUYA MALANG

Silvia Maria Purnama Istih, Joko Wiyono, Erlisa Candrawati

Abstract

Perilaku manusia merupakan unsur yang memegang peranan penting dalam mengakibatkan kecelakaan, sehingga cara yang efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja adalah dengan menghindari terjadinya perilaku tidak aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Unsafe Action dengan kecelakaan kerja pada perawat di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang.Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi adalah perawat di Rumah Sakit Panti Waluya Sawahan Malang yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Besar sampel sebanyak 99 perawat dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Analisa data yang digunakan adalah Chi Square dengan taraf signifikansi α = 0,05. Pengambilan dan penggalian informasi diperoleh melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar (54,5%) atau sebanyak 54 responden melakukan tindakan tidak aman dan sebagian besar (54,5%) atau sebanyak 54 responden tidak pernah mengalami kecelakaan kerja. Jenis tindakan tidak aman yang sering dilakukan adalah mengoperasikan peralatan kerja tidak sesuai standar (23,2%) dan jenis kecelakaan kerja terbanyak (30,3%) adalah gangguan musculoskeletal karena posisi yang salah saat bekerja. Hal ini disebabkan karena sikap perawat yang tidak disiplin dan belum bekerja sesuai SOP yang berlaku di RSPW. Hasil uji Chi Square data Unsafe Action kecelakaan kerja dengan p-value 0,231 > 0,05. Artinya tidak ada hubungan antara Unsafe Action dengan kecelakaan kerja pada perawat di RSPW Malang. RSPW Malang diharapkan dapat menerapkan K3RS sesuai dengan KEPMENKES RI, membuat SOP tentang perilaku aman bekerja dan mengadakan pelatihan K3.

Kata kunci : Kecelakaan kerja, perawat, unsafe action.

Full Text:

PDF

References

Aldino. 2012. Hubungan karakteristik individu dengan kecelakaan kerja pada pekerja bagian fabrikasi di PT. Baja X. skripsi. FKM UNAIR. Surabaya.

Bird, E. Frank, Germain, L. George. 1990. Practical Loss control leadership. Georgia: Institute publishing

Depkes RI. 2013. Pedoman pelaksanaan kewaspadaan universal di pelayanan kesehatan. Jakarta: Depkes RI.

Geller, E S. 2001. The pshycology of safety handbook. USA: Lewis Publisher.

Green, L. 1980. Health education: adiagnosis approach. the John Hopkins University: Mayfield publishing co.

Forever, E H. 2010. Modul kuliah: Accident model. Jakarta: FKM UI.

Heinrich, H.W. 1980. Industrial accident prevention approach. New York: McGraw-Hill Inc.

Helliyanti, P. 2009. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku tidak aman di Dept. utility and operation PT. Indofood Sukses Makmur Tbk divisi bogasari flour mills. Skripsi. Depok. FKM UI.

Hermana. 2006. Faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya luka tusuk jarum atau benda tajam lainnya pada perawat di RSUD Kabupaten Cianjur. Tesis FKM UI. Jakarta.

OHSA. 2013.Caring for our caregivers-facts about hospital worker safety. U.S : Departement of Labour. Amerika.

Phesant, S. 1991. Ergonomic, work and health. Macmillan academic London: Profesional Ltd.

PPNI. 2011. Standar kompetensi perawat Indonesia. Jakarta.

Pratiwi A D. 2012. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tindakan tidak aman (unsafe act) pada pekerja di PT X. skripsi.

Rosenstock, Linda. 2000. Statement for the record on needle stick injuries.Departement of health and human services.

Sholihah, Q, Djohan AJ. 2013. K3 RS-Meminimalisasi kecelakaan dan penyakit akibat kerja di rumah sakit. Malang: Universitas Brawijaya Press

Ramli S. 2010. Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja OHSAS 18001. Jakarta: Dian Rakyat.

Rostikaika. 2011. Hubungan keselamatan dan kesehatan kerja dengan kinerja perawat di ruang radiologi di rumah sakit X kota Y.

Suma'mur. 1989. Keselamatan Kerja & Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT Pertja.

Wawan, dkk. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Prilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Madika

Widianty, dkk. 2009. Hubungan sikap tubuh saat mengangkat dan memindahkan pasien pada perawat perempuan dengan nyeri punggung bawah. Majalah Kedokteran Indonesia. Jakarta: Fakultas Kedokteran Indonesia. Vol.59. No.3.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.