HUBUNGAN ANTARA PEROKOK AKTIF DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR (INSOMNIA) PADA MAHASISWA

Khairul Hakimin, Sugianto Hadi, Ani Sutriningsih

Abstract

Gangguan pola tidur (insomnia) masih menjadi permasalahan bagi sebagian mahasiswa. Gangguan tidur dapat disebabkan oleh gangguan psikiatrik seperti akibat konsumsi rokok.Berdasarkan survey yang dilakukan pada 10 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, diketahui sebanyak 70% mahasiswa merokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perokok aktif dengan gangguan pola tidur (insomnia) pada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Desain penelitian yaitu analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 60 responden. Pengambilan sampel secara total sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setengah dari responden perokok aktif yaitu 30 responden (50%) tergolong sebagai perokok kategori sedang. Gangguan pola tidur sebagian besar responden tergolong insomnia sedang sebanyak 38 orang (63.7%). Hasil uji spearman rank diperoleh koefisien korelasi 0.799 dan ρ-value 0.000 < α (0.05). Ada hubungan antara perokok aktif dengan gangguan pola tidur (insomnia) pada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode dan sampel yang berbeda, instrumen penelitian yang lebih akurat, serta menggali faktor lain yang juga mempengaruhi insomnia.

Kata kunci : Gangguan pola tidur (insomnia), perokok aktif.

Full Text:

PDF

References

Ambarita, R. 2008. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer. Skripsi S1. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Bangun, A.P. 2008. Sikap Bijak Bagi Perokok. Jakarta: Indocamp.

Bustan, M.N. 2000.Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Kesehatan RI. 2008. Profil Kesehatan Indonesia 2007. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Listiani, A. S. S. 2007. Rahasia Tidur Malam yang Nyenyak. Jakarta: Interaksara.

Prasadja, A. 2009.Kesehatan Tidur dan Kebiasaan Merokok. http://sleepclinicjakarta.tblog.com Diakses 6 Desember 2011.

Purnomo. 2011, Hubungan Perilaku Merokok Dan Stres Dengan Insomnia Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Sanchi, 2009. Kesehatan Tidur dan Kebiasaan Merokok. http://sleepclinicjakarta.tblog.com/post/1969996595. Diakses 30 Januari 2012.

Saryono. 2010. Kumpulan Instrumen Penelitian Kesehatan. Bantul: Nulia Medika.

Siregar, M. H. 2011. Mengenal Sebab-Sebab, Akibat-Akibat, dan Cara Terapi Insomnia. Jakarta: Flash Books.

Sitepoe. 2000. Kekhususan Rokok Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.